Capaian Vaksin belum Maksimal, Puskesmas Bersama Penyuluh Sosialisasikan Melalui Podcast

* Kepala KUA Kecamatan Pecalungan Muhtarom didampingi Penyuluh Agama Islam Maskur menerima Kepala Puskesmas Pecalungan Setio Umboro

Batang – Untuk mendorong percepatan pemberian vaksin di Kecamatan Pecalungan, Penyuluh Agama Islam menggandeng Puskemas Pecalunga melakukan sosilisasi melalui media social, dan dunia media sosial yang sekarang sedang ramai atau digandrungi masyarakat dunia maya salah satunya adalah podcast. Bertempat di studio podcast FKPAI Pecalungan, pada hari Jumat (11/03) yang lalu Kepala puskesmas Pecalungan bapak dr.Setio Umboro bersama Maskur Penyuluh Agama Islam, melakukan sosialisasi melalui chanel youtube “Podcast FKPAI Pecalungan Menyapa”.

Dalam kesempatan obrolan di chanel podcast penyuluh tersebut, Setio Umboro menyampaikan akan pentingnya vaksin dalam meningkatkan kekebalan melawan virus omicron.

“Dari data masyarakat yang terkena covid-19 di Kecamatan Pecalungan, rata-rata yang terkena adalah yang belum mengikuti program vaksinasi, jadi orang yang belum divaksin itu lebih rawan terkena. Jadi vaksin ini masih menjadi senjata efektif dalam mengurangi resiko tertularnya virus covid-19, kata Setio Umboro .

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan penjelasan tentang macam-macam vaksin dan efek yang ditimbulkan. juga tentang perbedaan cara penyebaran virus corona, delta omicron.

 “Omicron, penularanya jauh lebih cepat dari pada virus sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu Maskur Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pecalungan yang menjadi host dalam acara tersebut, sempat menanyakan kepada dokter Setio Umboro terkait hasil capaian vaksinasi tahap 2 dan 3 di Kecamatan Pecalungan yang belum melampaui target. Dia kemudian menjawab bahwa vaksin dosis 1,2 dan 3 serta tenaga medisnya siap, namun animo masyarakat memang masih rendah.

* Performa Maskur Penyuluh Agama Islam Pecalungan yang menjadi host dalam acara bincang sehat di chanel youtube Podcast FKPAI Menyapa

“ Vaksin dosis 1, 2 dan 3 di kec.Pecalungan sudah tersedia dan cukup, tenaga medis juga sudah siap, tetapi memang tingkat partisipasi masyarakatnya yang masihrendah,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa pelayanan vaksin dilakukan setiap hari kerja di puskesmas Pecalungan, tetapi nyatanya juga tidak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Maskur yang menjadi duta vaksin di kemenag Kab. Batang juga menyampaikan bahwa podcast FKPAI Pecalungan menyapa yang dia pimpin itu dapan menjadi sarana motivasi dan edukasi bagi masyarakat.

“Pod cast FKPAI Pecalungan menyapa, bisa menjadi salah satu sarana, media motivasi dan edukasi bagi masyarakat agar tidak lagi ada stigma negative terkait program vaksin covid-19 dari pemerintah,” kata Maskur

Secara terpisah, Kepala KUA Kec. Pecalungan, Muhtarom menyampaikan terimakasih kepada kepala puskesmas yang telah memanfaatkan podcast penyuluh sebagai media untuk mensosialisasikan terkait vaksin.

“ Tidak hanya sosilisasi vaksin saja, kami berharap puskesmas bisa melakukan edukasi terkait dengan Kesehatan masyarakat melalui media podcast dari Penyuluh Agama Islam ini.(Maskur/Zy_humas/rf)