Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Boyolali meninjau pelaksanaan UM di MIM Sudirman Andong

Kepala Kantor Monitoring Ujian Madrasah Ibtidaiyah Swasta

Boyolali (Humas)- Pada hari kedua pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Ibtidaiyah di Kabupaten Boyolali, Kepala Kantor Kemenag kab. Boyolali, H. Hanif Hanani melaksanakan monitoring ke Madrasah swasta, yakni  MIM Sudirman Andong dan MIM Cangkringan Banyudono. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mematau langsung kondisi pelaksanaan UM madrasah ibtidaiyah swasta di Boyolali, pada Selasa (22/03).

“Di hari kedua pelaksanaan UM tahun 2022, saya datang ke madrasah swasta yakni MIM Sudirman Andong dan MIM Cangkringan Banyudono, untuk memantau langsung pelaksanaan di kedua MI swasta tersebut. Pemantauan langsung saya lakukan agar bisa mengetahui kondisi riil bangunan fisik, para tenaga pendidik dan kependidikan dan para siswanya”. Kata Hanif.

Pelaksanaan UM tahun pelajaran 2021/2022, lanjut Hanif, berbeda pada pelaksanaan UM tahun sebelumnya. Pelaksanaanya UM telah diatur pemerintah melalui SK Dirjen Pendis Nomor 455 tahun 2022, yang antara lain mengatur tentang peserta UM, Madrasah Penyelenggara UM, bentuk UM, materi UM hingga moda ujian dan pengolahan hasil ujian.

Hal tersebut diatur, jelas Hanif, karena kondisi bangsa Indonesia belum terbebas dari pandemic covid- 19, Madrasah sesuai kemampuan infrastruktur yang  dimiliki dapat menyelenggarakan ujian dengan moda  Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK), Ujian  Madrasah Berbasis Kertas Pencil (UMKP) dan/atau  bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

“Kondisi pandemic covid-19 belum berakhir, maka pemerintah melalui kementerian agama mengatur system pelaksanaan ujian menyesuaikan dengan kemampuan infrastruktur yang dimiliki, dapat menyelenggarakan UM dengan moda ujian berbasis computer, dengan daring maupun dengan kertas pensil” jelas Hanif.

Kepala MIM Sudirman Andong, Umar Dani, S. Pd.I sangat bangga dan senang atas kunjungan Kepala Kantor dalam monitoring UM tahun ini. Kehadiran beliau selain memantau lansung pelaksanaan ujian, juga memantau kondisi fisik madrasah dan bertemu para tenaga pendidik dan kependidikan.

“Ujian Madrasah tahun ini menjadi sangat bermakna karena kehadiran kepala kantor, selain memantau secara langsung pelaksanaan UM, beliau juga bertemu dengan para guru dan pegawai MIM Sudirman. Ini menjadi spirit baru bagi kami untuk meningkatkan mutu Pendidikan siswa/i kami. Kesan Umar.

Sementara itu, kepala MIM Cangkringan, Banyudono Zuli Triharyanto, S. Pd, sempat kaget saat Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali hadir di madrasahnya, melakukan monitoring langsung dan menyapa para guru.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami dan para guru di madrasah swasta, pelaksanaan ujian dimonitoring secara langsung oleh Kepala kantor yang hadir tanpa memberitahu kami terlebih dahulu. Kami bangga diperhatikan langsung oleh Kepala kantor”. Kata Zuli

Pelaksanaan Ujian Madrasah Ibtidaiyah tahun 2022 dilaksanakan mulai 21 s.d 29 Maret 2022, dengan moda ujian berbasis kertas pensil dengan penerapan protocol Kesehatan covid- 19 secara ketat. Selurung madrasah penyelenggara ujian madrasah, telah melewati berbagai persayaratan sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 455 Tahun 2022. (Zoelva/Jaim/rf)