Ketahanan Keluarga Di Era Modern

Kebumen – Harta yang paling berharga adalah keluarga. Dari sudut pandang agama  dan sosial-budaya ketahanan keluarga adalah dimensi mendasar sebagai benteng terakhir ketahanan bangsa dan negara. Demikian disampaiakan  Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni saat memberikan materi pada pertemuan rutin ibu-ibu PKK berkaitan dengan aspek penting ketahanan keluarga di Era Modern, Rabu (23/3/2022), bertempat di Balai Desa Entak, Kec. Ambal.

Menuurut Kheroni, ketahanan keluarga muslim adalah barometer ketahanan  keluarga Indonesia. “Muslim di Indonesia  mayoritas, oleh sebab itu, ketahanan keluarga muslim menjadi tolak ukur ketahanan keluarga Indonesia,” ujarnya.

Ada lima aspek ketahanan keluarga diantaranya Pertama, memiliki kemandirian nilai. Kedua, mandiri dalam ekonomi. Ketiga,  tahan menghadapi goncangan. Keempat, keuletan dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial dan yang terakhir  mampu menyelesaikan problem yang dihadapi.

lima hal diatas lanjutnya, merupakan  aspek penting  ketahanan keluarga diera modern. Karenanya menjaga  kualitas keluarga menjadi sangat penting. Agama Islam lanjut Kheroni menganjurkan kepada setiap kita untuk menjaga diri dan keluarga dalam satu paket agar terhindar dari siksa neraka.

Dibagian lain dalam keterangannya, Kheroni menerangkan pemerintah melalui UU Nomor 10 Tahun 1992 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera bisa menjadi salah satu acuan bagi calon pengantin maupun pasangan suami istri. Karena  semua fungsi keluarga dijelaskan didalamnya, mulai dari fungsi religi, edukasi, ekonomi, reproduksi dan sosialial budaya. oleh sebab itu lanjutnya, jika kita menjalankan dan mmpraktekkan dengan baik anjuran agama  dan pemerintah melalui regulasi UU akan tercipta keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Sementara itu, Ketua PKK desa Entak, Maryatun, mengharapkan kepada seluruh peserta  yang hadir agar bisa mengambil pelajaran dan semaksimal mungkin bisa dipraktekkan di dalam keluarga masing-masing,. Acara yang dihadiri ibu ibu PKK,  perwakilan Rt/Rw serta perwakilan perangkat se  wilayah Desa Entak belangsung antusias.  Suasana tambah hidup dengaan dibukanya sesi tanya jawab berkaitan dengan hal- hal yang berhubungan dengan keluarga.(ar/fz/bd).