Motivasi  Peserta Didik Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi, Ini Pesan Kepala MAN 1 Kebumen

Kebumen – Ujian Madrasah (UM)/Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2021/2022 bagi peserta didik kelas XII semakin dekat. Di sisi lain Peserta didik kelas XII juga harus mulai memantapkan diri menentukan pilihan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Melihat hal tersebut, Senin (14/3) MAN 1 Kebumen melaksanakan Motivasi Sukses UM/UAMBN dan Masuk Perguruan Tinggi Bagi Peserta Didik Kelas XII di GOR MAN 1 Kebumen.

Kegiatan motivasi diawali dengan sosialisasi UM/UAMBN yang di sampaikan oleh Siti Fatkhurohmah selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Dijelaskan, UM/UAMBM akan dilaksanakan pada tanggal .17-28 Maret 2022 menggunakan Aplikasi Elearning MAN 1 Kebumen. Berkaitan pelaksanaan UM/UAMBN Siti Fatkhurohmah berpesan kepada peserta didik untuk menjaga kesehatan, serius dalam belajar, fokus dan teliti selama pelaksanaan ujian.

Sejumlah 291 peserta didik tampak antusias mengikuti kegiatan dengan motivator H. Wachid Adib Kepala MAN 1 Kebumen. Dia menyampaikan, bahwa di era modern persaingan di dunia kerja semakin ketat, maka pendidikan menjadi kebutuhan primer untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan.

“Semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin terbuka lebar mendapatkan peluang kerja dan mewujudkan karir yang dicita-citakan”, ujar H. Wachid Adib.

Manfaat yang didapatkan jika melanjutkan ke perguruan tinggi diantaranya memperdalam pengetahuan, memperluas networking, penghasilan yang tinggi serta kesempatan dan masa berkarir yang lebih panjang. Idealnya peserta didik MAN 1 Kebumen dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

“Jadi orang sukses harus siap “rekoso” dimana saat yang lain asyik main HP, kita harus banyak belajar dan latihan soal-soal, saat yang lain asyik nongkrong kita harus ikut banyak try out, saat yang lainya asyik dolan kita harus banyak berdoa/prihatin”, terangnya.

Lebih lanjut H. Wachid Adib menjelaskan, saat ini kesempatan masuk perguruan tinggi terbuka luas baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan masih banyak jalur seleksi lainnya yang tentunya sudah disampaikan oleh Guru Bimbingan Konseling (BK).

“Gunakan sebaik mungkin jalur masuk perguruan tinggi sesuai dengan logika dalam memilih jurusan dan peluangnya. Madrasah akan berusaha semaksimal mungkin membantu, memfasilitasi dan memotivasi peserta didik MAN 1 Kebumen untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi,” pesannya. (tt/fz/bd).