Muh Mualim : Kalau Bisa Dipermudah Kenapa Dipersulit

Sukoharjo – Kepala MTsN 2 Sukoharjo beserta Kepala KUA se-Kabupaten Sukoharjo hadir di Aula KPRI-IPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo untuk mengikuti acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan KAUR Tata Usaha MTsN dan Jabatan Fungsional Penghulu Kankemenag Kabupaten Sukoharjo, Selasa (01/03).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 2774/KW.11.1/3/KP.07.6/02/2022 (21/02/2022) dan B-2678/kw.11.1/2/KP.07.6/02/2022 (25/02/2022) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo Muh. Mu’alim melantik dan mengambil sumpah Arif Munandar yang sebelumnya bertugas sebagai Pengelola Bantuan Pendidikan pada Seksi Pendidikan Madrasah menjadi Kepala Urusan Tata Usaha di MTsN 2 Sukoharjo, serta Heri Santoso yang semula bertugas sebagai Pengelola Kegiatan dan Anggaran pada KUA Kecamatan Gatak menjadi Penghulu Pertama pada Kankemenag Kabupaten Sukoharjo.

Muh. Mualim merasa optimis baik Arif Munandar maupun Heri Santoso akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik ditempat kerjanya yang baru beserta tanggungjawabnya yang baru pula dikarenakan keduanya sudah lama mengabdi melayani masyarakat pada bidang yang menjadi tupoksinya saat ini.

“ Saya yakin pengalaman-pengalaman keduanya akan mempercepat penyesuaian di tempat tugasnya yang baru,“ kata Muh Mu’alim.

Muh Mu’alim menggarisbawahi bahwa setinggi apapun jabatan atau amanah itu pada saatnya pasti akan berakhir, untuk itu ia menghimbau selama masih diberikan kepercayaan oleh pimpinan untuk mengemban tugas pada jabatan tersebut, hendaklah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut Muh Mualim juga mengingatkan kembali urgensi mindset ASN sebagai pelayan masyarakat, menurutnya sebagai insan Kementerian Agama yang segala tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayan masyarakat dapat dikonversikan sebagai amal ibadah yang akan dapat dipanen di akhirat kelak, Muh Mualim juga merasa perlu untuk memotivasi jajarannya agar menanamkan kebanggaan untuk berkhidmat demi kemajuan bangsa dan negaranya dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan regulasi dan tupoksinya.

“ Kita sebagai pelayan masyarakat harus bangga bisa berkhidmat membangun bangsa dan negara dengan cara  memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, ” jelas Muh. Mualim.

Diujung pembinaannya, Muh Mualim menghimbau agar KUA sebagai Kantor yang lebih dekat dengan masyarakat , agar tidak hanya dijadikan sebagai kantor yang menangani urusan pernikahan saja, bahkan pihaknya berharap seluruh urusan kegiatan Keagamaan nantinya dapat diakomodasi di KUA.

“Semua kegiatan Kemenag harus ada di KUA, sehingga KUA bukan sekedar pelayanan nikah saja, fungsinya sebagai pelayan masyarakat dan yang akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih dikuatkan” harap Muh Mualim.

 “Untuk itu mulailah membangun image yang baik, kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit,“ tandas Kakankemenag.

Turut hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara di Lingkungan Kankemenag kabupaten Sukoharjo. (djp/rf)