Peletakkan Batu Pertama Tandai Pembangunan Masjid Abdullah wa Laila MTs Negeri 1 Sukoharjo

Masjid Abdullah Wa Laila Mts Negeri 1 Sukoharjo

Sukoharjo – MTs Negeri 1 Sukoharjo bekerjasama dengan Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah Surabaya bersepakat dalam pembangunan masjid. Pembangunan masjid ini dilatarbelakangi belum tersedianya fasilitas ibadah di MTs Negeri 1 Sukoharjo. Hal tersebut  menjadi perhatian komite sekolah untuk memberikan sarana yang baik guna mendukung kegiatan ibadah di lingkungan MTs Negeri 1 Sukoharjo. Pembangunan Masjid Abdullah wa Laila MTs Negeri 1 Sukoharjo dilaksanakan di Dukuh Cangkol, Desa Cangkol Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Dengan luas tanah 339 m2 dan luas bangunan 152 m2. Rencananya, Masjid MTs Negeri 1 Sukoharjo akan dibangun dengan deskripsi luas 19 m x 8 m. Sesuai dengan paket yang telah disetujui Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah yaitu paket 150. Pada paket 150 ini, Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah Surabaya memberikan berbagai fasilitas pendukung seperti satu menara masjid, tiga toilet, lima titik keran air wudhu dan bantuan sumur sampai jadi.

Pembangunan Masjid Abdullah wa Laila MTs N 1 Sukoharjo ditandai dengan acara peletakkan batu pertama pada hari Rabu, 23 Maret 2022. Peletakan batu pertama dihadiri oleh jajaran Kepala Madrasah, perwakilan Komite, serta perwakilan dari Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah Surabaya. Pihak yang berpartisipasi dalam acara tersebut adalah Sukirno selaku perwakilan Komite MTs Negeri 1 Sukoharjo, Bambang Trianggono dan Amiruddin selaku Kepala Madrasah terdahulu, Heri Abidin selaku perwakilan dari Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah Surabaya, Wahyu Rohmadi selaku Humas MTs Negeri 1 Sukoharjo serta guru MTs Negeri 1 Sukoharjo dan masyarakat sekitar.  

Acara Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Abdullah wa Laila MTs Negeri 1 Sukoharjo dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh perwakilan Yayasan Sosial dan Pendidikan Minhajussunah Surabaya, Heri Abidin. Pihaknya berharap dengan adanya Masjid tersebut akan membawa keberkahan baik bagi madrasah maupun masyarakat sekitar madrasah.

“ Semoga dengan adanya pembangunan masjid Abdullah wa Laila ini nanti akan membawa barokah bagi madrasah dan lingkungan sekitarnya, ” ujar Abidin.

Sementara itu Kepala MTs Negeri 1 Sukoharjo, Mujiyono dalam sambutannya mengatakan seluruh kegiatan keagamaan di madrasahnya nantinya akan dapat diselenggarakan di Masjid tersebut.

“ Tujuan dari pembangunan masjid ini adalah untuk mewujudkan bangunan masjid bagi seluruh aktifitas yang dilakukan oleh jama’ah di lingkungan MTs Negeri 1 Sukoharjo,” kata Mujiyono.

Peletakkan batu pertama pembangunan masjid MTs Negeri 1 Sukoharjo dilakukan secara berturut-turut dimulai dari Mujiyono selaku Kepala Madrasah, Bambang Trianggono dan Amiruddin selaku Kepala Madrasah terdahulu, diikuti oleh Heri Abidin selaku perwakilan dari yayasan,  dan terakhir, Wahyu Rohmadi selaku bidang Humas MTs N 1 Sukoharjo.

Di akhir acara, kegiatan tersebut ditutup dengan harapan dan doa yang disampaikan oleh Bambang Trianggono. Pihaknya berharap  pembangunan masjid Abdullah wa Laila MTs N 1 Sukoharjo ini dapat selesai dalam kurun waktu 150 hari sebagaimana rencana yang sudah ditetapkan. Dan Pembangunan masjid yang diperkirakan selesai pada 13 Agustus 2022 ini diharapkan juga akan mampu meningkatkan pelayanan pembelajaran para siswa di MTs N 1 Sukoharjo terutama dalam bidang keagamaan serta mampu meningkatkan jalinan silaturahmi antara madrasah dengan lingkungan sekitarnya. (eka/djp/rf)