Sapa Tokoh Agama, Kepala KUA Buayan Sosialisasikan Program Kemenag Kebumen

Kebumen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen saat ini memiliki aplikasi bernama Silanting, Sistem Informasi Layanan Terintegrasi  dan Whatshapp Auto Respon Kankemenag Kabupaten Kebumen. Hal Tersebut disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA) Kecamatan Buayan dalam kunjungannya ke tokoh agama sekaligus pengurus KBIH NU desa Jatiroto Kecamatan Buayan H. Slamet Darmaji, Selasa (22/03).

Fatachul Chusen menjelaskan, melalui aplikasi Silanting, calon pengguna layanan Kemenag Kebumen tidak perlu repot – repot datang ke kantor, cukup berada di rumah mereka dapat mengajukan permohonan dan menerima layanan. Karena melalui Silanting pemohon dapat mengajukan permohonan sesuai SOP yang tersedia di system dengan tetap berada di rumahnya. Pengguna dipersilahkan memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dengan cara mengirimkan data scan, kemudian akan diverifikasi oleh petugas dan apabila persyaratannya lengkap dan sesuai maka mereka berhak mendapatkan layanan.

Disampaikan lebih lanjut oleh Fatach, program layanan KUA tentang Haji, yang mana mulai tahun ini layanan Pendaftaran Haji sudah bisa dilakukan di KUA. Untuk hal ini Kebumen dibagi menjadi 3 wilayah. Buayan merupakan daerah bagian barat sehinga bisa melakukan pendaftaran haji di KUA Gombong.

“Semoga dengan adanya program layanan ini, kami bisa semakin lebih mudah melayani masyarakat” katanya.

Kunjungan tokoh agama kali ini dilanjutkan mengunjungi keluarga besar Hadi Siswanto warga desa Jatiroto.  Dia merupakan calon jamaah haji yang baru mendaftar haji bersama keluarga besarnya berjumlah 7 orang. Mereka terdiri dari anak dan menantu dari Hadi Siswanto.

Harapannya dari kunjungan ini, masyarakat di wilayah kecamatan Buayan faham dengan program layanan Kementerian Agama serta bisa terlayani dengan baik dan memuaskan. Sehingga nantinya semuanya bisa bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama.(es/fz/bd).