Tarhib Ramadhan Sekaligus Sosialisasi UM Di MTsN 7 Kebumen

Kebumen – Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kebumen mengadakan Tarhib Ramadhan 1443 H, Sosialisasi Ujian Madrasah (UM)  dan Mujahadah Bersama menjelang pelaksanaan UM tahun pelajaran 2021-2022. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (31/3) bertempat di halaman Madrasah. Hadir pada kegiatan tersebut Kasubag TU, H. Khamid, didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Hj. Suwaibatul Aslamiyah, Komite Madrasah, Wali murid kelas 7,8, dan 9, serta guru dan karyawan MTsN 7 Kebumen.

Kegiatan  Tarhib dan sosialisasi dimulai dengan Pembacaan Ayat-ayat Suci Al Quran dilanjutkan Mujahadah Bersama dan Sosialisasi Ujian Madrasah sekaligus PPDB. Sebagai imam mujahadah. K.H. Bahmad Abdul Jalil, selaku ketua Komite MTsN 7 Kebumen, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kebumen, M. Nazarudin Chalim, menyampaikan pentingnya mengadakan sosialisasi UM kepada walimurid kelas 9. “ Sosialisasi sebelum pelaksanaan UM sangat perlu untuk memberikan pemahaman yang sama dalam pelaksanaan Ujian Madrasah” tegasnya.

Lebih lanjut M. Nazarudin mengajak kepada Walimurid agar menjalin kerjasama yang baik dalam membimbing , mengawasi dan mendampingi belajar anak-anak di rumah. “Di Madrasah menjadi tanggang jawab kami, para guru untuk membimbing belajar, tetapi di rumah membimbing dan mendidik anak-anak menjadi tanggung jawab  sepenuhnya orang tuanya” sambungnya.

Penyelenggaraan UM tahun ini dilaksanakan secara online dengan CBT (Computer Based Test) yang merupakan penilaian berbasis komputer baik melibatkan komputer standalone ataupun yang  terhubung dengan jaringan internet dengan bentuk soal pilihan ganda.

“Selain hemat biaya, CBT juga dapat menghemat waktu baik untuk peserta maupun penyelenggara penilaian. Saat mengadakan ujian, kiita tidak perlu menyediakan kertas dan alat tulis sehingga persiapan  ujian tidak memakan banyak waktu serta lebih efisien,’’ demikian disampaikan Aan Sugiyanto ahli IT MTsN 7 Kebumen.

Pada kesempatan yang sama, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, H. Khamid menyampaikan Siraman Rohani berkaitan Tarhib Ramadhan 1443 H. “Kegiatan Tarhib Ramadhan sangat baik dilakukan agar kita mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental menghadapi bulan suci Ramadhan. Puasa tidak sekadar menahan lapar dan dahaga, tapi kita juga menjaga segala sesuatu yang membatalkan  pahala puasa,” ungkapnya.

Pada akhir ceramahnya, H. Khamid mengajak seluruh yang hadir untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita, memperbanyak ibadah dan amal-amal sholih lainnya.

Acara diakhiri dengan pembagian hasil Penilaian Tengan Semester (PTS) kepada walimurid kelas 7 dan 8 dan Doa Penutup. (kh/fz/bd).