Urgensi Pengukuran Arah Kiblat

Kebumen – Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), upaya mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan kredibel, prima dan moderat adalah Program Prioritas Kementerian Agama. Sebagai tindak lanjut dan implementasi dilapangan, Kepala KUA Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I   bersama Kepala sekolah, guru dan staf SMKN 1 Ambal mengadakan pengukuran arah kiblat, Selasa (22/3/2022) di tempat bakal dibangun Masjid Nurul Huda komplek SMKN. Kegiatan dilakukan karena urgennya kepentingan kedua belah pihak menyangkut arah kiblat.

Menurut Kheroni, ada beberapa metode  dalam pengukuran arah kiblat yang bisa dilakukan. Pertama Roshdul Kiblat. “ Roshdul kiblat ini  merupakan metode  paling sederhana, efektif, efisien serta derajat akurasi tinggi.” jelasnya. Pengukuran dengan cara ini dilakukan pada tanggal 28 Mei pukul 16.28  dan tanggal 16 Juli 2022 pukul 16.27,  imbuhnya.

Pada tanggal tesebut lanjut Kheroni, matahari tepat berada diatas Ka`bah sehingga semua bayangan mengarah kepada arah Ka`bah. Arah kiblat adalah dari ujung bayangan kearah tongkat. Yang kedua adalah Metode Kompas mengikuti standar yang ditentukan oleh pemerintah dalam hitungan hisab rukyat bahwa letak kota Kebumen  berada di 21 m diatas permukaan laut (DPL) dengan busur derajat 294 derajat. 

Dibagian lain dalam penyampaiannya Kepala SMKN 1 Ambal, Budiyanto, S.Pd, M.Eng sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga kegiatan pengukuran arah kiblat  bisa terselenggara. Terkhusus kepada KUA Kec. Ambal yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Acara berlangsung hidmat tapi santai didahului dengan pemaparan sebelumnya oleh Kheroni  di ruang Kepala sekolah. Turut hadir  mendampingi Kepala  sekolah, guru dan staf SMKN 1 serta perwakilan Penyuluh Agama Islam Non PNS  KUA Kec. Ambal.(ar/fz/bd).