Kakankemenag Kab Boyolali memberikan sambutan pada acara Rakor Pendaftarand an Pembatalan Haji Reguler Kankemenag Kab. Boyolali

Aplikasi Haji Pintar, Permudah masyarakat mendaftar Haji

Boyolali (Kemenag) – Kini masyarakat bisa mendaftarkan Haji dari rumah. Melalui program transformasi haji digital , pendaftaran haji regular bisa dilakukan dengan elektronif melalui Aplikasi Haji Pintar.

Sebagai tahap awal, Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali menggelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi  Aplikasi Haji Pintar, Pada Kamis (14/04). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Seksi PHU bertempat di Gedung PLHUT Boyolali.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali, H. Hanif Hanani dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan Kementerian Agama telah melaunching aplikasi Haji Pintar sebagai upaya pemerintah memberikan pelayanan kepada Jemaah haji dan masyarakat agar semakin mudah dan efisien terutama dalam hal pendaftaran haji.

“Aplikasi Haji Pintar merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan kepada Jemaah haji dan masyarakat dalam mengakses beragam informasi seputar ibadah haji, khususnya dalam pendaftaran haji,” ujarnya.

Menurut Hanif, setiap tahun Kementerian Agama selalu mengadakan evaluasi dan berupaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap penyelenggaraan haji. Terbukti dengan terbitnya PMA No. 13 Tahun 2021 tentang Transformasi Haji Digital yaitu pendaftaran haji regular secara elektronik,  tegasnya.

Sementara itu, Kasi PHU H. Sauman, M. Ag mengharapkan para peserta kegiatan Rakor dan Sosialisasi Aplikasi Haji Pintar hari ini dapat menyebarluaskan informasi dan kebijakan terkait haji kepada masyarakat luas.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat tentang informasi dan kebijakan terbaru tentang Haji khususnya haji reguler,” pungkasnya.

Secara tehnis, prosedur pendaftaran haji reguler dan informasi seputar haji pada Aplikasi Haji Pintar dijelaskan oleh pranata komputer Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng pada Bidang PHU, H. Ahmad Jalil, S.Kom, M.Si.

“Bagi masyarakat yang ingin mendaftar haji, sekarang tidak harus datang kekantor Kemenag Kabupten/Kota lagi, sekarang bisa secara online melalui aplikasi haji pintar ini, Bukti pendaftaran hajinya bisa dikirimkan dalam bentuk elektronik dan tanda tangan elektronik juga,” paparnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 78 peserta yang terdiri dari Kepala KUA Se- Kabupaten Boyolali, Pimpinan KBIHU, Ormas Islam, dan ASN pelaksana di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali (Zoelva/Jaim/rf)