Bulan Ramadhan, MIN 1 Sukoharjo Perkaya Kegiatan Pengembangan IMTAK

Sukoharjo – Kasus Covid-19 yang mulai melandai, MIN 1 Sukoharjo mencoba mengisi Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Empat agenda yang dilaksanakan oleh MIN 1 Sukoharjo untuk mendukung pengembangan iman dan taqwa bagi warga madrasah adalah Pawai Ramadhan digital, Tajuk Ramadhan, pesantren kilat, dan zakat fitrah yang digawangi oleh tim Imtaq MIN 1 Sukoharjo yang bekerja sama dengan tim publikasi.

Kegiatan di Bulan Ramadhan diawali dengan pawai Ramadhan yang bertujuan untuk mensyiarkan Ramadhan kepada masyarakat. Pawai dilakukan secara online dengan mengirimkan gambar siswa menyambut bulan Ramadhan dalam bentuk twibbon sekaligus dilombakan. Sedangkan Tajuk Ramadhan berupa penampilan siswa dan guru MIN 1 Sukoharjo, baik berupa tausyiah, pembacaan puisi islami, berkisah, maupun pembacaan hadis dan do’a. Tajuk Ramadhan dilaksanakan dengan mengunggah video penampilan siswa atau guru setiap hari menjelang berbuka ke dalam kanal YouTube MIN 1 Sukoharjo.

Pesantren kilat, yang dilaksanakan 21-23 April 2022 dengan memperhatikan protokol kesehatan ini juga berjalan dengan lancar. Penyampaian materi yang diselingi dengan ice breaking membuat siswa senang menjalani pesantren kilat ini. Materi yang dipilih adalah puasa, shalat, dan zakat. “Harapan kami, semoga pesantren kilat menjadi kegiatan yang mampu menambah wawasan dan menumbuhkan kecintaan pada agama Islam pada diri anak didik MIN 1 Sukoharjo.” kata Siti Ngaisah, selaku koordinator tim Imtaq MIN 1 Sukoharjo.

Ujung dari agenda kegiatan Ramadhan MIN 1 Sukoharjo adalah pentasyarufan zakat fitrah yang digelar pada Senin, 25 April 2022. Diawali dengan pengumpulan zakat dari siswa dua pekan sebelumnya, panitia zakat berhasil mengumpulkan beras sebanyak 1,6 ton. Penerima zakat meliputi siswa yang kurang mampu dan warga sekitar atas rekomendasi tokoh desa. Selain itu, pembagian zakat fitrah juga bekerja sama dengan beberapa instansi dan yayasan, diantaranya Yayasan Al Qoyyim Sukoharjo, MI Muhi PK Sukoharjo, dan Pondok Pesantren Al Abror Nguter. “Terima kasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah turut menyukseskan agenda Ramadhan MIN 1 Sukoharjo. Semoga ke depan  MIN 1 Sukoharjo lebih bisa memberikan manfaat kepada masyarakat baik bidang pendidikan maupun sosial kemasyarakatan.” pungkas Kepala MIN 1 Sukoharjo, Erma Nurlaila Ariyanti.(omk/djp/rf)