Da’i  Ramadhan Tahun 2022, Program Keagamaan MTs Negeri 1 Sukoharjo

Sukoharjo (MTs Negeri 1 Sukoharjo) – Melalui tatap muka, Selasa (12/4) MTs Negeri 1 Sukoharjo menyelenggarakan pembinaan pegawai dan pemberangkatan Da’i Ramadhan tahun 2022. Kegiatan ini turut mengundang Sukirno sebagai komite Mts Negeri 1 Sukoharjo.

Acara ini sekaligus sebagai momen pegawai dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan di lingkungan MTs Negeri 1 Sukoharjo. Pemberangkatan Da’i Ramadhan dihadiri oleh semua Guru dan Karyawan MTs Negeri 1 Sukoharjo, para guru pembimbing da’i, serta seluruh siswa yang bertugas sebagai da’i. Jumlah siswa yang bertugas sebagai da’i ramadhan tahun ini sebanyak 15 siswa. Kelimabelas siswa terpilih ini nantinya akan menyampaikan kultum setelah shalat tarawih di masjid-masjid di lingkungan sekitar MTs Negeri 1 Sukoharjo.

Untuk mengisi kegiatan Ramadhan, MTs Negeri 1 Sukoharjo mengadakan kegiatan pembinaan keagamaan yaitu Da’i Ramadhan. Pembinaan ini merupakan program yang pertama diadakan di MTs N 1 Sukoharjo, harapannya kedepan kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap bulan Ramadhan. Siswa yang bertugas menjadi Dai’ Ramadhan sebelumnya sudah melewati seleksi-seleksi dan pelatihan materi keagaaman yang didampingi oleh tim keagamaan. Pembimbingan dai’ Ramadhan dilakukan secara berkala dan sistem kelompok. Masing-masing kelompok memiliki guru pembimbing. Sesuai yang disampaikan Abdulloh sebagai koordinator tim pembimbing, kegiatan Da’i Ramadhan ini berjalan lancar sesuai harapan. “Saya bangga dengan anak-anak yang sudah memberanikan diri khutbah di depan mimbar masjid, walaupun ada kendala yang tidak disengaja terjadi, tetapi acara dai’ Ramadhan ini berjalan dengan lancar Alhamdulillah” Kata Abdullah. 

Kepala madrasah dalam sambutannya sekaligus mengarahkan dan memberikan semangat kepada 15 siswa yang terpilih menjadi Da’i Ramadhan. Ia menyampaikan tujuan diadakannya Da’i Ramadhan adalah untuk melatih anak sejauh mana kemampuan agama, mental, dan sekaligus mengenalkan kepada masyarakat tentang MTs Negeri 1 Sukoharjo.

“Anak-anak yang terpilih sebagai da’i ramadhan semoga bisa menunjukkan teladan yang baik dan bisa menjadi contoh dilingkungan sekitarnya, sehingga masyarakat sekitar akan semakin mengenal madrasah kita dengan baik”. Ungkapnya.

Kegiatan Da’i Ramadhan MTs Negeri 1 Sukoharjo ini dilakukan di 15 masjid sekitar madrasah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan kultum oleh da’i ramadhan MTs N 1 Sukoharjo ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan cinderamata dari MTs Negeri 1 Sukoharjo kepada masjid sekitar. Hal ini dilakukan untuk menjalin silaturahim yang baik dengan masyarakat sekitar serta mengenalkan madrasah secara lebih luas lagi. (han/djp/rf)