Kemenag Brebes Siap Mendukung Ketertiban dan Keamanan Perayaan Idul Fitri 1443 H

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Drs.H.Fajarin, M.Pd menghadiri undangan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Idul Fitri Tahun 2022 bersama Kapolres, Bupati  Brebes di Pendopo Kabupaten Brebes, Selasa, (26/04/2022). 

Rapat yang di hadiri oleh Bupati Brebes ini  juga diikuti oleh 60 orang terdiri atas OPD dan Forkompinda Kabupaten Brebes, Camat se Kabupaten Brebes di antara Kodim Brebes, PMI Kab. Brebes, BPBD Kab. Brebes, perwakilan BMKG dan Perwakilan Jasa Marga selaku pengelola jalan tol wilayah Pejagan, Pemalang dengan menerapakan protokol kesehatan.

Dalam paparannya, AKBP. Faisal, selaku Kapolres Brebes menyampaikan tentang pengamanan dan pengawalan mudik 2022 dapat dilakukan secara maksimal sehingga masyarakat bisa mudik tetapi laju kasus Covid-19 bisa terkendali. Hal ini berkaca pada pengalaman dua tahun lalu, semoga di mudik sekarang tidak menimbulkan klaster baru, pelaksanaan vaksin sudah mencapai 90 % dan vaksin Booster/penguat dengan target 30 persen menjelang Idul Fitri bisa direalisasikan, serta pendisiplinan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi dapat dimaksimalkan.

“Pelaksanaan mudik dan balik tahun ini perlu keseriusan dan kewaspadan mengingat perkiraan pemudik yang akan melintasi Brebes kurang lebih 23 Juta orang, hal ini menjadi potensi sekaligus kerawanan akibat  kemacetan dan kemungkinan adanya bencana alam baik banjir, tanah langsor, untuk itu marilah kita bersiap dan bersiaga mengantisapasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,” ungkap Kapolres Brebes.

Ia juga menekankan soal ketersediaan BBM di sepanjang jalan dimana Kabupaten Brebes memiliki 4 ruas jalan jalur mudik yaitu Jalur Pantura, jalur tengah, jalur Janlingkut dan Jalur tol, dengan harapan tidak terjadi kedapatan dan penumpukan di salah satu ruas jalan yang ada.

Sementara pengaturan arus lalu-lintas saat mudik dan balik Lebaran 2022. Beberapa strategi disiapkan di antaranya pengerahan personel, pendirian pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Setiap pos juga disiapkan layanan untuk vaksinasi dalam rangka merealisasi target vaksinasi booster 30 persen disampaikan oleh jajaranya dibawahnya .

Bupati Brebes, Idza Priyanti, menyatakan kesiapanya, “Kami Pemda Brebes Siap sepenuhnya untuk memerperlancar jalanya arus mudik dan balik  hari Raya Idul Fitri 1443H. sampai dengan hari ini rekan-rekan di jajaran dinas  PU siang dan malam melaksanakan pengerjaan jalan baik perbaikaan yang rusak berat maupun rusak ringan dan kami pastikan H-7 sudah siap untuk dilewati oleh para pemudik, dan kami mohon kesiapan dari Satpol PP, Dishub, tenaga kesehatan dan BPBD Kab. Brebes untuk siap dan all out mensukseskan jalannya arus mudik dan balik  bersenergi dengan Kepolisian dan TNI.    

H. Fajrain dalam rakor linsek tersubut menyampaikan pentingnya diberlakukan SE. Menag No. 8 tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1443 H.

“Kami sudah mensosialisasikan dan menekankan pada, Pengurus masjid dan mushola memperhatikan  pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing, pengurus masjid dan mushola memastikan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jamaah dan  kepada para mubalik serta khatib diharapkan berperan memperkuat nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, persatuan, kerukunan, kemaslahatan dan kebangsaan dalam bingkai NKRI,” jelas H. Fajarin.

“Masyarakat dihimbau untuk mengumandangkan takbir cukup di masjid, mushala atau rumah-rumah masing masing dan shalat Iedul Fitri dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan dengan menerapkan prokes secara ketatat,” imbuhnya.

Acara di tutup dengan kesiapan dan komitmen  bersama hadirin dalam rangka menyukseskan kegiatan Ketupat Candi 2022 dalam rangka  perayaan Idul Fitri, arus mudik dan balik 2022.(Hid/Sua).