Kultum Ramadhan, Hanif Mengajak Menebar Belas Kasih Terhadap Semua Makhluk

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Kultum Ramadhan digelar di Masjid Al-Ikhlas Kantor Kemenag Kab. Boyolali, sebagai penceramah hari pertama, Senin (04/04)  adalah Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali, H. Hanif Hanani. Kultum tersebut dilaksanakan selepas shalat dhuhur dengan dihadiri seluruh pegawai yang beragama islam.

Mengawali Kultum, Hanif mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT, atas kesempatan yang diberikan Nya untuk bisa menjalani ibadah puasa tahun ini. Hanif juga mengajak kepada seluruh hadirin untuk mensyukurinya dengan cara meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini.

“Puji Syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas berkenanNya pada tahun 1443 Hijriyah ini kita bisa menjalani ibadah puasa Ramadhan. Untuk itu, mari kita gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT”. Ungkap hanif.

Hanif melanjutkan bahwa sebagai hamba Allah kita selalu berusaha menebar rasa belas kasih terhadap semua makhluk tanpa pilih kasih. Terhadap manusia  yang berpangkat dan berharta, kita selalu hormati dan sayangi, namun terhadap binatang perlakuan kita sangat berbeda, mudah mencelakai bahkan membunuhnya.

Dalam sebuah hikayat diceritakan, ada seorang ulama yang bermimpi semua amal ibadahnya tidak ada yang diterima Allah sebagai amal shalih, kecuali satu amal yakni saat beliau menulis kitab ada seekor lalat yang menghisap tintanya dan ulama tersebut tidak mengusirnya dan membiarkan lalat tersebut menghisap tintanya. Sikap itulah yang diterima Allah sebagai kunci ulama tersebut masuk surga

“amal ibadah kita termasuk puasa Ramadhan,  tidak menjamin kita masuk surga, namun suatu kebaikan, belas kasih dan rasa sayang kita terhadap sesama makhluq, bisa jadi itu yang menjadi jalan kita masuk surga”. Lanjut Hanif.

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, jelas Hanif  merupakan kewajiban bagi umat Islam. Puasa juga termasuk dalam rukun Islam, selain membaca syahadat, mengerjakan salat, membayar zakat dan menunaikan haji.

Perintah mengerjakan puasa tercantum dalam firman Allah SWT di Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 183 Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

“Perintah menjalankan puasa di Bulan Ramadhan adalahperintah bagi orang yang beriman untuk meningkatkan ketaqwaan, Puasa Ramadhan juga mampu memberikan kesucian jiwa, keikhlasan, ketulusan, hingga berfungsi sebagai pengawasan diri dan media meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.”Pungkas hanif.

Kegiatan kultum ini akan berlangsung selama bulan Ramadhan dengan penceramah yang diambil dari para pejabat di lingkungan Kantor, para kepala KUA serta Para penyuluh Agama Islam. Peserta kultum merupakan seluruh pegawai baik ASn maupun Non ASN dan masyarakat umum yang menjalankan ibadah Shalat Dhuhur di masjid Al- Ihlas.  (Zoelva/Jaim/rf)