Manu 01 Limpung Gelar Pesantren Ramadhan

* Salah satu Guru MANU.01 Limpung sebagai pembicara pada acara pesantren ramadhan sedang memberikan motivasi dan spirit pada para siswa yang mengikuti kegiatan itu

Batang – Untuk mewujudkan visi dan misi madrasah khususnya dibidang keagamaan, dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan terlebih saat bulan suci ramadhan MANU 01 Limpung menggelar kegiatan pesantren ramadhan. Acara selama 3 hari itu dimulai sejak Rabu tanggal (20/04) hingga Sabtu (23/04) yang lalu.

Kepala MANU 01 Limpung, Ali Sodiqin dalam keterangannya mengatakan bahwa sebagai program madrasah, pesantren ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan kepribadian dan kebiasaan ibadah bagi para siswa.

“Kegiatan Pesantren Ramadhan ini bertujuan melatih peserta didik  agar dapat meningkatkan kepribadiannya, dan membiasakan ibadah serta menanamkan makna dan nilai ibadah dalam kehidupan sehari-hari, membentuk prilaku akhlakul karimah untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ali Sodiqin.

Selanjutnya dia mengharapkan melalui kegiatan ini,  peserta didik  dapat mencerna berita hoax yang tiap saat selalu ada di medsos ditengah-tengah kita, sehingga tidak mudah menshare-nya ke media  sosial.

“ Saya berharap dengan kegiatan pesantren ramadhan ini para siswa dapat melihat semua informasi yang manfaat dan dapat pula mengerti tentang berita-berita hoax yang bertebaran di medsos yang selalu diikuti olehnya, sehingga tidak mudah share ke tempat lain,” tegasnya.

* Sebelum acara pesantren ramadhan dilaksanakan para siswa berkesempatan membaca Al-Qur’an secara bergantian

Waka Madrasah bidang kesiswaan Ahmad Maskon dalam keteranganya mengatakan bahwa kegiatan Pesantren  Ramadhan yang di gelar di auditorium ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 10 dan 11 diawali dengan tadarus Al Qur’an bersama-sama.

“ Acara pesantren madrasah ini dilaksanakan di auditorium ini diikuti oleh siswa kelas 10n dan 11 yang diawali dengan tadarus Al-Qur’an,” jelas Ahmad Maskon.

Dia juga menggambarkan bahwa acara pesantren ramadhan tahun ini juga diikuti oleh seluruh guru, dan pemateri menekankan diskusi pada seluruh siswa dan guru, sehingga penguatan materi lebih mengena sasaran.

“ Acara ini selain diikuti siswa keas X dan XI, juga diikuti juga oleh seluruh guru, materi yang disampaikan banyak yang diskusi dan curah gagasan sehingga tidak menjemukan dan lebih mengena substansinya,” katanya.

Dibagian akhir dia mengatakan bahwa materi yang diberikan selama 3 hari itu terbagi menjadi tema keutamaan bulan Ramadhan, Udzurnya puasa, puasa yang sia-sia dan materi tentang menjemput lailatul qodar. (Adinda FM/Zy_humas/rf)