Momen Ramadhan Kemenag Tasarufkan Zakat Sebesar 163 Juta lebih

* Ketua UPZ bersama ketua Darma Wanita Persatuan mentasarufkan zakat secara simbolis kepada mustahik

Kabupaten Batang. Secara simbolik pentasarufan itu digelar bersamaan dengan acara peringatan nuzulul Qur’an di aula lantai dua pada Senin (18/04) yang lalu. Hadir dalam acara itu Kepala Kantor Kemenag, Kasubag TU, para Kasi dan penyelenggara zakat wakaf, Kepala Satker MIN,MTsN dan MAN Batang, para pengawas Madrasah dan PAI, Kepala KUA Kecamatan se Kab. Batang, Penyuluh Agama Islam serta ASN Kemenag Kab. Batang.

Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kab. Batang Hj. Siti Mahmudah dalam sambutannya menyampaikian laporan secara rinci tentang jumlah zakat yang disalurkan pada momen ramadhan ini. Menurutnya pentasayarufan ini adalah kali kedua setelah yang pertama pada momen peringatan HUT Kemenag pada Januari yang lalu.

“ Momen ini UPZ mentasarufkan zakat untuk yang kedua kali setelah yang pertama di acara peringatan hari Amal Bakti Kemenag Januari yang lalu,” kata Hj. Siti Mahmudah.

Dia menyampaikan bahwa zakat yang disalurkan ini adalah zakat yang dipungut dari seluruh ASN. Menurutnya dimomen ramadhan ini Kemenag dapat mentasarufkan zakat sebesar Rp.163.546.000

“ Alahamdulillah di Ramadhan ini kita dapat mentasyarufkan zakat sebesar Rp. 163.546.000 yang diterimakan pada 637 mustahik yang tersebar diseluruh kabupaten Batang, dengan rincian Fakir 228 orang, miskin 232 orang dan Sabilillah 177 orang,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh ASN dan guru-guru PAI yang telah menitipkan zakat profesinya di Kemenag Kab. Batang yang ditangani langsung oleh UPZ.

* Tampak para mustahik mengikuti acara pentasarufan zakat yang digelar oleh Kemenag Kab. Batang

“ Terimakasih kepada seluruh ASN dan Guru PAI yang telah menitipkan zakat profesinya di Kemenag dan dikelola oleh UPZ dari proses penarikan hingga pentaarufannya,” kata H.M. Aqsho.

Menurutnya jumlah pemungutan zakat tahun ini meningkat dibandingkan tahun yang lalu, apalagi setelah diberi pembinaan oleh Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah tingkat kesadaran membayar zakat cukup meningkat

“ Setelah beberapa waktu yang lalu kita menerima pembinaan dari Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Alhamdulillah kesadaran ASN kita untuk membayar zakat cukup tinggi serta kepercayaan dari para guru PAI yang mengajar di SD,SMP,SMA dan SMK untuk menitipkan zakatnya disini sehingga tahun ini perolehan zakat meningkat,” tuturnya.

Diakhir amanatnya Kepala Kantor berpesan pada UPZ untuk melakukan pentasarufan secara terencana memenuhi asnaf yang telah diatur dalam fiqih agar seluruh muzakki mendapatkan pahala dari Allah SWT atas zakatnya itu. (Zy_humas/rf)