Monev Siskohat,  Kakanwil Kemenag  Wacanakan Layanan Satu Langit

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal.  Layanan Kantor Kementerian Agama ke depan ibarat menatap langit, di manapun bumi dipijak di situ langit bisa dilihat/diakses. Layanan kemenag seperti haji pernikahan dan lain-lain diharapkan bisa dijangkau oleh masyarakat luas, sehingga dimana pun posisi mereka  berada bisa menikmati layanan Kemenag. Hal ini disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad, dalam kunjungan monitoring dan evaluasi Siskohat (sistem aplikasi haji terpadu) di Kantor Kemenag Kabupaten Tegal pada hari Rabu tanggal 13/04/2022 lalu.

Dalam kunjungannya, beliau berpesan bahwa konsekuensi jadi ASN/PNS adalah harus siap melayani  kebutuhan masyarakat yang terus berkembang secara cepat dan dinamis. Salah satu tuntutan masyarakat yang harus direspon adalah layanan Kemenag yang serba cepat, tepat, tuntas dan memuaskan.

“ Salah satu pesan Gus Menteri adalah Digitalisasi Layanan Kemenag. Ini mengandung pesan moral bahwa layanan kemenag harus lebih cepat,  lebih mudah dan lebih transparan. Bagi Kemenag digitalisasi layanan jugaakan memudahkan dalam pengawasan dan evaluasi lebih akurat,” ujarnya.

Kakanwil juga menambahkan bisa jadi ke depan Kantor Kemenag tidak membutuhkan ruang-ruang/bangunan gedung  yang besar karena layanan bisa akses dari rumah /tempat kerja. Misal, orang mendaftar haji atau mendaftar pernikahan cukup dari rumah, tak perlu datang ke Kantor Kemenag. Dari mulai pendaftaran, pembayaran dan lainnya cukup diakses dari rumah. Termasuk ruang ruang pertemuan/aula tak perlu besar -besar karena ada cara lain seperti darring melalui Zoom, G Meet dan lain-lain.

Kasi PHU Kankemenag Kab Tegal  menjelaskan bahwa monitoring Siskohat yang dilakukan Kakanwil di Kantor Kemenag Kab Tegal  berfokus pada peralatannya. Point-point evaluasi antara lain; apakah peralatannya lengkap, apakah peralatan nya berfungsi dengan baik, bagaimana kondisi peralatannya, serta apa kendala dan saran untuk Kakanwil guna perbaikan Siskohat kedepan.

.” Alhamdulilah, berdasarkan evaluasi Pak Kakanwil peralatan dianggap lengkap, memadai dan mampu berfungsi dengan baik,’ Jelasnya.(Najmudin/bd)