Osis MtsN 1 Sukoharjo Semarakan Ramadhan dengan Berbagi Takjil

Sukoharjo (MTs N 1 Sukoharjo) – Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan, MTs Negeri 1 Sukoharjo mengadakan kegiatan sosial berbagi takjil buka puasa sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian sosial terhadap sesama. Kegiatan berbagi takjil dilakukan jelang buka puasa kepada para pengendara sepeda motor  yang melintas di pertigaan Sidan, Polokarto, Jumat sore (22/4).

Kegiatan berbagi takjil buka puasa dimotori oleh OSIS MTs Negeri 1 Sukoharjo didampingi oleh Guru Pembina. Takjil yang dibagikan berupa nasi kotak sebanyak 100 box. Dana yang terkumpul untuk pelaksanaan kegiatan sosial berbagi takjil berasal dari iuran para anggota OSIS serta sumbangan sukarela dari guru dan karyawan MTs Negeri 1 Sukoharjo.

Dalam arahannya sebelum pelaksanaan, kepala MTs Negeri 1 Sukoharjo Sunarto mengatakan kegiatan sosial berbagi takjil buka puasa di bulan Ramadhan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan madrasah kepada masyarakat.

“Kegiatan OSIS seperti ini harus kita dukung, kita wadahi, karena selain melatih jiwa sosial anak, kegiatan semacam ini bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan madrasah kita kepada khalayak,” ungkapnya.

Kegiatan sosial  MTs N 1 Sukoharjo berbagi takjil perdana setelah pandemi ini disambut antusias oleh semua anggota OSIS. Hampir seluruh anggota hadir dalam kegiatan dan bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan. Dengan berseragam OSIS lengkap dan menerapkan prokes, mereka tertib membagikan takjil kepada para pengendara sepeda motor didampingi oleh Guru Pembimbing. OSIS berharap kegiatan sosial semacam ini bisa terus dijalankan sebagai program rutin.

“Alhamdulillah pembagian berjalan lancar bu, hanya saja jumlahnya kurang banyak, jadi cepat selesainya. Semoga tahun depan bisa kita adakan lagi dengan jumlah yang lebih banyak,” ujar Hazna, wakil ketua OSIS MTs Negeri 1 Sukoharjo.

Sementara itu, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan Rajimin, menjelaskan bahwa kegiatan sosial berbagi takjil adalah kegiatan inspiratif yang memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri, madrasah, maupun bagi masyarakat.

“Semoga aksi berbagi ini bisa menuai pahala dan berkah. Bisa menginspirasi orang lain dalam kebaikan, dan membuat madrasah kita dikenal luas dan baik oleh masyarakat. Harapannya kegiatan semacam ini bisa dilakukan rutin,” ungkap Rajimin.

Ditutup dengan evaluasi dan doa bersama, kegiatan sosial MTs Negeri 1 Sukoharjo berbagi takjil ini diharapkan menjadi wadah pengembangan karakter siswa yang religius, humanis, dan berempati terhadap sesama.(eka/djp/rf)