Peringati Hari Kartini, Man 1 Karanganyar Serentak Membaca Quran Surat Al Mulk

Karanganyar – “Habis gelap terbitlah terang”, adalah sebuah kalimat yang menginspirasi banyak wanita di Indonesia. R.A. Kartini adalah sosok pahlawan wanita di Indonesia dibalik kalimat tersebut. Sebagai bentuk penghargaan terhadap R.A. Kartini, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari R.A. Kartini. Semangat GTK MAN 1 Karanganyar dengan Kepala Madrasah Dr. Lanjar Utami, M.Pd. untuk memakmurkan bulan Ramadhan yang penuh keberkahan tidak lah surut tiap harinya. Masih dalam rangka melaksanakan progam one day one juz yang telah di canangkan dari awal bulan Ramadhan, pada tanggal 21 April 2022 ini dalam rangka memperingati Hari Kartini kali ini dibacakan surat Al Mulk surat Al Baqarah ayat 257.

Kepala MAN 1 Karanganyar, Lanjar Utami Mengawali penyampaiannya, menyampaikan memaknai Hari Kartini dengan bekerja dan berusaha memberikan yang terbaik. Beliau juga menyampaikan bahwa wanita masa kini harus berterima kasih pada R.A. Kartini karena berkat beliau, wanita masa kini dapat mengenyam pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kegiatan ini meringkas beberapa kegiatan yang ada di MAN 1 Karanganyar pada hari ini yang bertepatan dengan hari Kartini, 21/4/2022. Diantaranya kegiatan briefing untuk sosialisasi kegiatan madrasah juga terkait dengan pengumuman kelulusan, selain itu juga pembacaan sejarah singkat R.A. Kartini dan sudat pandang R.A. Kartini dalam mendalami keislamannya sebagai orang jawa yang Islami . Menurut beberapa referensi, Kartini sangat gemar membaca surat Al Mulk dan ayat 257 dari surat Al Baqarah, karena menurut R.A. Kartini yang mengilhami pemikiran beliau bahwa sebagai seorang muslim haruslah memahami makna dan kandungan dari Al Quran yang kemudian mendorong penterjemahan Al Quran pada masa itu,” jelas Lanjar.

“Kita juga harus bersyukur karena diberi kesempatan yang seluas-luasnya, serta keluar dari masa di mana wanita tidak boleh mengenyam pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Sudah tidak ada lagi perbedaan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam hal Pendidikan. R.A. Kartini adalah sosok yang gigih memperjuangkan hak-hak wanita,” tambah Lanjar.

Lanjar turut menyampaikan apresiasinya terhadap MAN 1 Karanganyar, sebagai salah satu “tempat para santri” yang memiliki banyak prestasi. Beliau berharap para santri MAN 1 Karanganyar terus berusaha, jangan cepat puas terhadap apa yang sudah didapat saat ini, berusaha menjadi yang terbaik serta mengembangkan kreatifitas, untuk mencapai cita-cita.(ida/sua)