Semarakkan Ramadhan MTs Tholabuddin Gelar Tadarus Al-Qur’an “One Day One Juz”

* Puncak kegiatan tadarus Al-Qur’an selama Ramadhan, MTs Tholabuddin menggelar Khatmil Qur’an yang dilanjutkan dengan pembagian takjil sisekitar Madrasah

Batang – Untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan, MTs Tholabuddin Masin Warungasem menggelar rankaian ibadah sejak tanggal awal Ramadahan. Kegiatan ibadah yang khas bulan Ramadhan untuk para siswa itu meliputi secara jamaah salat dhuha, pembacaan asmaul khusna yang dilanjutkan tadarus Al-Qur’an semua itu dilaksanakan setiap hari, khusus untuk tadarus Al-Quran dengan system “One day One Juz“. Puncak kegiatan Ramadhan itu diadakan khatmil Qur’an, siraman rohani dan pembagian takjil pada Senin (25/04) yang lalu.

Kepala MTs Tholabuddin Moh. Kasi dalam keterangannya menyampaikan bahwa pihaknya telah membuat kebijakan sejak awal Ramadhan agar para siswa terus diberi pembelajaran Agama. Menurutnya bulam Ramadhan merupakan momentum bagi kita melatih diri untuk meningkatkan ibadah baik mahdhah maupun ghair mahdhah.

“Di bulan Ramdhan ini merupakan momentum bagi kita melatih diri untuk meningkatkan ibadah baik mahdhah maupun ghair mahdhah seperti berbagi dengan sesama, apalagi kelas IX yang bulan Maret kemarin sudah melalui berbagai bentuk ujian baik Ujiam Praktik hingga Ujian Madrasah. Itu sebagai bentuk syukur atas terlaluinya Ujian tersebut,” kata Moh.Kasi.

Dia juga menyampaikan terimakasih pada seluruh guru madrasah serta pengurus OSIS yang telah menginisiasi kegiatan puncak dari rangkaian ibadah Ramadhan di Madrasah.

* Pengurus OSIS MTs Tholabuddin sedang membagikan takjil pada pengguna jalan di sekitar Madrasah.

“Saya sampaikan terimakasih kepada seluruh guru dan Pembina serta pengurus OSIS yang telah menginisiasi dan menghendel acara puncak kegiatan ibadah Ramadhan di Madrasah dalam bentuk khatmil Qur’an dan pembagian takjil,” tegasnya.

Sementara itu Waka Bidang Kesiswaan Zulfatun Nikmah dalam keterangannya menegaskan bahwa sebenarnya kegiatan ini sudah berjalan selama dua tahun dan satu rangkaian kegiatan “Semarak Ramadhan” yang diinisiasi oleh OSIS MTs. Tholabuddin.

“Sebenarnya setiap bulan Ramadhan datang Madrasah pasti menyelenggarakan kegiatan didalamnya meskipun namanya berbeda-bena namun substansinya tidak ada lain kecuali peningkatan ibadah kepada Allah SWT, seperti tadarus, salat berjamaah, kajian Ramadhan maupun berbagi,” tutur Zulfatun.

Dia juga menegaskan untuk tahun ini dalam “Semarak Ramadhan” madrasah mengadakan berbagai acara yang bernilai ibadah baik mahdhah juga ghairu mahdhah yang bertujuan selain sebagai bentuk ibadah kita pada Allah, juga sebagai bekal pembiasaan pada seluruh siswa

“ Salah satu tujuan pendidikan madrasah adalah memberikan bekal kemampuan dasar pada siswa sebagai perluasan dan peningkatan pengetahuan, agama dan keterampilan yang diperoleh di MI atau SD yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi muslim, anggota masyarakat, warga negara, maka momen Ramadhan sangat pas untuk memberikan pembiasaan Ibadah pada para Siswa,” tegasnya. (Fahmi/Zy_humas/rf)