Tebarkan Semangat Kebaikan, Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Untuk kedua kalinya di bulan Ramadan tahun ini, pramuka Matsapabara MTsN 4 Banjarnegara, kembali berbagi kebaikan dengan membagi-bagikan paket takjil kepada masyarakat di sekitar madrasah. Kali ini kegiatan bagi-bagi takjil dipusatkan di desa Lengkong, tepatnya di area pasar Lengkong Kecamatan Rakit, pada hari Jumat (22/4).

Pembagian takjil dilakukan oleh anggota  Dewan Penggalang Pramuka Matsapabara kepada warga masyarakat sekitar Desa Lengkong sekitar pukul 15.00 WIB. Kegiatan bagi-bagi takjil tersebut merupakan kali kedua di bulan suci Ramadan tahun ini, sebagai wujud rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama.

“Ini merupakan kegiatan bagi-bagi takjil yang kedua kalinya di bulan Ramadan tahun ini, mudah-mudahan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Saya mengucapkan terima kasih kepada para siswa dan para pembina pramuka serta semua saja yang telah berkontribusi atas terlaksananya acara ini,  yang telah mempersiapkan kegiatan ini. Semua lelah kita semua semoga menjadi amal ibadah dan berkah  bagi madrasah,” ujar Sidik Wibowo Akhmad, Kepala MTsN 4 Banjarnegara.

Selain para siswa yang tergabung dalam Dewan Penggalang Pramuka Matsapabara, kegiatan pembagian sekitar 200-an paket takjil juga dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah dan para pembina pramuka serta guru-guru MTs Negeri 4 Banjarnegara. Tak lupa pula acara tersebut diramaikan oleh grup kesenian tek-tek  yang dimainkan oleh para siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler tek-tek.

Menurut Wahyu Isnaniatun, salah satu pembina pramuka, kegiatan bagi-bagi takjil memang diagendakan tiap tahun saat bulan Ramadan. Hal ini bertujuan agar para siswa terutama anak-anak pramuka bisa lebih memaknai bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang positif , menanamkan rasa empati dan kepedulian kepada sesama di bulan Ramadan, juga sebagai wujud pengamalan Dasa Dharma secara langsung di lapangan. Selain itu juga untuk  lebih mengenalkan MTs Negeri 4 Banjarnegara kepada masyarakat agar masyarakat lebih mencintai lembaga pendidikan madrasah.

“Kegiatan ini untuk berbagi berkah di bulan Ramadan sebagai wujud kepedulian sosial anggota pramuka kepada sesama, bertujuan agar para siswa lebih memaknai bulan suci Ramadan.  Selain itu juga sebagai syiar madrasah kepada masyarakat sekitar agar MTsN 4 Banjarnegara lebih dekat dan dikenal serta dicintai masyarakat,” jelas Wahyu Isnaniatun dalam kesempatan tersebut.

Kegiatan bagi-bagi takjil gratis oleh Pramuka Matsapabara berlangsung lancar karena cuaca cerah dan sangat mendukung, serta mendapat antusias dari masyarakat. Paket takjil selesai dibagikan pada pukul 17.00WIB. (khm/ak/rf)