Kegiatan Rutin Team IT Melakukan Perawatan Komputer, Ini Akibat jika Sering Mengabaikannya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Team  IT MTs Negeri 2 Banjarnegara melakukan perawatan dan perbaikan rutin tiap bulan sekali terhadap komputer beserta jaringan. Perawatan komputer merupakan kegiatan yang sangat penting selain hanya mengoperasikan komputer saja. Karena dapat memberikan pengaruh yang signifikan atas usia pakai PC (personal computer) dan tentunya harus dilakukan secara berkala.

“Perawatan ini merupakan perawatan rutin setiap bulan, komputer yang sering dipakai pastinya akan berat memorinya dan historinya, pasti itu sedikit menghambat kinerja komputer,” jelas Sudarto selaku Tim IT, dikutip Selasa (17/05).

Lebih lanjut Sudarto menjelaskan perawatan komputer tidak semata membersihkan debu dan kotoran yang sering berada pada bagian dalam dan luar casing saja. Melainkan ada beberapa mekanik yang perlu dilumasi dengan cairan atau pelumas elektronika dan diperlukan juga perawatan komputer secara software. Debu dan kotoran sering kali hinggap di dalam casing dan menempel di beberapa bagian komponen terutama heatsink atau kipas processor. Jika debu dan kotoran tersebut dibiarkan akan mengganggu kinerja dan sirkulasi udara heatsink, dan hal ini akan berdampak pada suhu processor yang akan lekas panas.

MTs Negeri 2 Banjarnegara sendiri mempunyai 2 laboratorium komputer yang masing-masing terdiri dari 70 komputer. Wangid Sunandar mengatakan bahwa komputer-komputer di madrasah sangat membantu sekali dalam melancarkan Kegiatan Belajar Mengajar dan administrasi guru.

“Jadi perawatan rutin ini paling tidak bisa membantu siswa dan guru ketika akan menggunakan, karena penggunaan laboratorium komputer ini sering digunakan untuk KBM dan menunjang aktivitas guru,” ungkapnya.

Penggunaan atau pengoperasian komputer yang lebih lama akan lebih sering dilakukan perawatan dibandingkan komputer yang jarang digunakan. Arena komputer yang sering digunakan, cenderung sering masuk keluarnya data dari lokal maupun internet akan menambah kapasitas memory. (dsr/rf/ak)