MTS Negeri 3 Magelang Lakukan Perubahan, Kelas Prestasi untuk Genjot Perolehan Piala

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Dalam rangka mempersiapkan kelas prestasi, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 3 Magelang selenggarakan outbond dan motivasi untuk peserta didik yang akan masuk pada kelas prestasi pada hari Jum’at, (27/05/2022) di lapangan MTSN 3 Magelang.   

Kelas prestasi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik bersaing dalam ajang perlombaan baik Kompetisi Sains Madrasah (KSM) maupun Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perolehan prestasi madrasah menjadi fokus perubahan yang dilakukan di lingkungan MTSN 3 Magelang. “Kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi serta mempersiapkan peserta didik yang akan masuk kelas prestasi,” kata Kepala MTS Negeri 3 Magelang, Muhammad Fathul Mubin.

Kepala madrasah menjelaskan bahwa kelas prestasi terdiri dari 2 kelas yaitu kelas prestasi untuk kelas 7 dan 8. Kelas prestasi memfokuskan pada mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika. Satu kelas prestasi terdiri dari 32 peserta didik. Dalam kelas prestasi mendapatkan pelayanan khusus dari madrasah terutama dalam pengelolaan pembelajaran.

Guna mendukung peningkatan kualitas kelas prestasi, MTS Negeri 3 Magelang juga meningkatkan kualitas pengajar dengan bekerjasama dengan universitas dan beberapa pihak dalam rangka peningkatan kualitas pengajar. Dengan adanya MOU diharapkan pengajar-pengajar semakin meningkat kualitasnya sehingga siap dalam membawa peserta didik mencetak prestasi.

Peningkatan prestasi sudah dimulai sejak bulan februari 2022 dengan mengikuti beberapa ajang perlombaan dan peserta MTS Negeri 3 Magelang sudah banyak mencetak prestasi. “Sejak februari tahun ini, MTS Negeri 3 Magelang sudah mendapatkan banyak sekali piala,” ungkap Kepala Madrasah. Beliau berharap perubahan manajemen akan berdampak positif terhadap prestasi yang dicetak peserta didik.

MTS Negeri 3 Magelang selain berfokus pada pencapaian prestasi, juga berfokus pada peningkatan nilai-nilai budaya lokal yang ada disekitar atau lingkungan MTSN 3 Magelang. Cultur yang ada di masyarakat akan tetap dijaga bahkan budaya luhur akan dikembangkan.

Kepala madrasah memberikan motivasi dan pesan untuk peserta didik calon kelas prestasi dalam kegiatan outbond tersebut, diantaranya: Menetapkan tujuan hidup sejak dini sangat diperlukan untuk mengarahkan jalan dan fokus peserta didik, kepala madrasah berpesan jangan takut untuk memulai, asah terus kemampuan kritis, cepat beradaptasi dengan keadaan, punya mata yang tepat, dedikasikan waktu untuk belajar,kerja keras kerja cerdas, dan sisihkan uang untuk tabungan.(FS/Sua)