Siswa MAN 1 Kebumen Ikuti Aksi Gerakan Bersih Pantai Bersama Siaga Peduli Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Siaga Peduli adalah lembaga Filantropi yang bergerak pada Bidang Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat, Kebencanaan dan Dakwah Islamiyah. Lembaga yang sangat peduli dengan kegiatan sosial ini eksis bergerak dalam aksi kepedulian sosial kemasyarakatan. Tepatnya di pantai Mliwis, Ambal Kebumen Siaga Peduli Kebumen kembali menyelenggarakan kegiatan sosial gerakan bersih pantai, Minggu (22/5).

Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 ini diselenggarakan dengan melibatkan beberapa perwakilan organisasi sekolah yang berada di daerah Kebumen, salah satunya adalah  ekstrakurikuler Mansa Hijau Club (MHC) MAN 1 Kebumen. Lima siswa perwakilan MHC MAN 1 Kebumen Dian Tri Ani, Naswa Maurena Ambar P., Lutvy Amira N.R., Terate Diva C. dan Aghisna Fikamalia mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut.

Adam Firmansyah selaku anggota atau perwakilan dari Siaga Peduli Kebumen menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan bersih pantai  pada dasarnya adalah  untuk menggerakkan masyarakat di sekitar kita agar lebih peduli kepada lingkungan yang ada di sekitarnya, khususnya yang berada di objek wisata pantai Mliwis.

“Mereka para wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pantai diharapkan membawa sampahnya masing-masing saat pulang. Minimal kalo nggak dibawa pulang ya dikumpulkan jadi satu sehinggga akan  mudah untuk mengolahnya”, ujar Adam.

“Harapan dari kegiatan ini adalah untuk menjaring lebih luas lagi serta mengundang teman-teman dari organisasi lain untuk bisa menjadi contoh dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan, sehinggga nantinya  akan mampu menggerakkan masyarakat yang ada disini untuk  lebih peduli terhadap lingkungannya dan pada akhirnya akan terciptalah lingkungan yang bersih, indah, manfaat, aman, dan nyaman.” sambung Adam.

Kepala MAN 1 Kebumen melalui Yuniasih selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menyampaikan, tujuan madrasah mengikutsertakan anggota ekstrakurikuler MHC adalah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan dan sikap kerjasama dengan organisasi lain diluar madrasah.

Selain menanamkan sikap peduli lingkungan di madrasah, siswa MAN 1 kebumen juga harus peduli lingkungan luar. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan gerakan bersih pantai di pantai Mliwis Kebumen.

“Kegiatan bersih pantai ini juga mendukung program pemerintah Kabupaten yang sedang menggiatkan bidang pariwisata, sangat bijaksana jika kita khususnya siswa MAN 1 Kebumen membantu pemerintah Kabupaten dalam menjaga dan memelihara tempat pariwisata di Kebumen dengan cara ikut peduli dengan kebersihan obyek-obyek wisata”, terang Yuniasih. (tt/fz/bd).