Mahsun Azmi, Pengawas Tingkat Madrasah Baru di Kemenag Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar giat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pengawas Sekolah Madya Tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Aula Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kamis (30/06). Mahsun Azmi, S.Ag dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman sebagai Pengawas Sekolah Madya Tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang semula bertugas sebagai guru di MIN Salatiga. Tampak hadir Kasubbag TU, Para Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah, Ketua IGRA dan para JFT. Bertindak sebagai saksi, Kasi Pendmad H. Qomarul Aziz dan Pengawas Madrasah Hj. Musayadah, serta H. Saefudin sebagai rohaniwan.

Dalam sambutannya, Taufiq berpesan agar pengawas yang baru saja dilantik, untuk berperan tidak hanya sebagai mentor tapi juga sebagai supervisor dan fasilitator. Setelah dilantik, pengawas juga segera unjuk muka ke lintas sektoral/stakeholder terkait, membuat perencanaan giat pengawasan, melayani bukan dilayani, dan melakukan inovasi-inovasi, mampu berkomunikasi dengan baik, serta melakukan pemetaan potensi madrasah.

Dalam kesempatan yang sama H. Taufiqur Rahman menyerahkan secara langsung SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kemenag Kota Salatiga. Adapun penerima SK adalah Dra. Mukhasanah, Istiqomah, S.Pd.I yang bertugas MIN Salatiga dan Harno. S.Kom yang bertugas di MAN Salatiga.

Kepala Kantor menyampaikan kepada para penerima SK untuk memposisikan diri sebagai ASN Kemenag sesuai aturan yang tertuang dalam  UU Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 49 Tahun 2018. Tiga hal yang harus dilakukan oleh guru madrasah di lingkungan Kemenag Salatiga adalah tingkatkan prestasi akademik, prestasi non akademik, dan lakukan inovasi.

Selanjutnya Taufiq menambahkan  dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. “Dalam UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 10 disebutkan ada tiga tugas dan fungsi ASN ada tiga yakni pelaksana kebijakan publik; pelayan publik yang profesional dan berkualitas, perekat dan pemersatu bangsa,“ tambah Taufiq. Dalam rangkaian kegiatan pelantikan, juga terdapat penandatanganan kerja oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang disaksikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. (Humas/Fitri-Khusnul)