Akhiri Masa PPL, Mahasiswa Ushuludin UIN Salatiga Lakukan Presentasi

Salatiga — Selasa  (30 Agustus 2022), 7  Mahasiswa Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora (FUADAH) melakukan Presentasi Praktik Pengalaman Lapangan di hadapan Kakankemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU, H. Nurcholis, Dekan FUADAH Prof. Dr. Benny, para Wakil Dekan, Ketua Program Studi Akidah Filsafat Islam, serta para penyuluh. Berlangsung di Gedung FUADAH, para mahasiswa mempresentasikan hasil praktikan selama 10 menit, dilanjutkan tanggapan dari para pembimbing lapangan.

Satu per satu mahasiswa PPL yang terdiri dari Isma, Fatma, Nur baity, Reza, Hendra, Abu Dzar dan M Adha menyampaikan hasil praktik selama 40 hari di Kantor Kementerian Agama dan KUA. Mulai dari dasar hukum, jenis tugas yang dikerjakan, dokumentasi hingga pesan kesan selama menjalani pengalaman lapangan. Beberapa menyoroti kasus bidang keagamaan yang terjadi di masyarakat, sebagian lain menyampaikan keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan akbar seperti perayaan, Tahun Baru Islam, Doa Lintas Agama, Peringatan HUT RI Ke-77 dan lain sebagainya. Hal yang menarik perhatian adalah ketika salah satu mahasiswa menyampaikan siap untuk mengisi kekosongan SDM di KUA, mengingat saat ini KUA di Salatiga minim pegawai.

Kakankemenag dan Dekan bangga dengan mahasiswa PPL yang telah menyelesaikan 40 hari dengan profesional, disiplin, dan sepenuh hati. Diharapkan semua ilmu dan pengalaman yang didapat dapat dijadikan bekal untuk bekerja di di dunia nyata khususnya dalam bidang pelayanan masyarakat dan juga mengembangkan pemikiran dalam mencari ide penulisan skripsi. Ditambahkan oleh Taufiq, presentasi ini merupakan wujud keseriusan Kemenag Salatiga dalam membina mahasiswa PPL , dimana mereka harus dapat melaporkan semua yang dikerjakan selama magang. Setiap minggunya, mahasiswa PPL juga berkumpul untuk melakukan evaluasi. (Humas)