Pasca Ikuti Zoom, Puryani Himbau Anggota DWP-nya Ikuti Test IVA Dan SADANIS   

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Meningkatnya penderita penyakit kanker pada wanita menjadikan keprihatinan  bersama. Lebih detilnya, kasusnya, kanker payudara menduduki peringkat tertinggi. Kemudian disusul kanker leher rahim . Kondisi semacam ini memang menjadi salah satu tantangan tersendiri di negara-negara berkembang.

Dari data yang ada, Indonesia termasuk salah satu negara berkembang penyumbang cukup besar dari jumlah kasus kanker dunia. Untuk menekan laju penderita penyakit kanker ini Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI menggelar program serentak pelaksanaan tes Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis).

Ketika membuka secara resmi program ini, secara virtual Eny Retno Yaqut selaku Penasihat DWP Kementerian Agama RI menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai satu upaya menekan laju perkembangan kasus kanker pada Wanita. Dismping itu juga sebagi kotribusinya dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16.335 peserta yang sudah mendaftar,” ujarnya Eny Retno secara virtual dari Jakarta.

Tidak ketinggalan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kota Magelang juga mengikuti pembukaan Tes IVA dan Sadanis melalui zoom meting. Acara ini diikuti oleh Ketua DWP Purniyani Sofia Nur bersama pengrus dan anggotanya yang berjumlah 25 orang di Aula Kantor Aula kantor, (Rabu,10/8).

Pasca zoom meeting usai, didepan pengurus DWP Kankemenag Kota Magelang mengatakan “ Tes IVA dan SADANIS sangat penting kita, agar kita tahu di dalam tubuh kit ini terjangkit penyakit tersebut atau tidak. Tidak perlu takut untuk ikuti test ini, jangan berpemikiran lebih baik tidak mengikuti tes ini daripada nanti terdeteksi positif terjangkit kanker. Mengetahu lebih dini akan lebih bagus, sehingga secara medis akan lebih mudah penyembuhannya,” ujar Puryani yang juga tenaga medis tersebut.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan tes IVA dan SADANIS akan dilakukan di Puskesmas Kerkopan Kecamatan Magelang Tengah pada hari Jum’at tanggal 12 Agustus 2022 mendatang.

 Ia juga menghimbau agar seluruh anggota yang memenuhi persyaratan mengikuti tes IVA dan SADANIS untuk menjaga dan merawat nikmat sehat yang telah diberikan oleh Alloh SWT. (Hari/rf)