Penandatangan Deklarasi ASN Kankemenag Kota Semarang yang Moderat dan Toleran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Guna meningkatkan rasa nasionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Mukhlis Abdillah selaku kepala kantor memimpin pembacaan deklarasi, Senin (12/9/2022).

Deklarasi yang dibacakan berisi tentang komitmen ASN Kankemenag Kota Semarang yang berperilaku dan bersikap toleran dan moderat, serta bersungguh-sungguh dalam upaya menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selepas pembacaan deklarasi, kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi yang diawali oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), para Kepala Seksi (Kasi) dan Penyelenggara (Gara), Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pengawas Madrasah, Ketua Pokja Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Pokja Penyuluh dan Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan gelaran apel pagi di halaman Kankemenag Kota Semarang, serta disaksikan oleh peserta apel baik ASN maupun nonASN, siswa dan mahasiwa yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan setempat.

Dalam pembinaannya, Mukhlis Abdillah berharap, pembacaan dan penandatanganan deklarasi dapat memantapkan dan mempertegas komitmen ASN di lingkungan kerjanya sebagai insan yang moderat dan toleran. “Dengan pengucapan deklarasi ini diharapkan dapat menunjukkan sumbangsih dari Kementerian Agama dalam menerapkan dan meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme kita sebagai satu negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, ras dan budaya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan deklarasi yang diucapkan secara bersama-sama akan bisa menjaga dan mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah maraknya isu perbedaan, sehingga tidak mudah terpecah belah.(Arya/Dintha/NBA/bd)