Perkuat Toleransi, Kakankemenag Kabupaten Magelang Menerima Audiensi dari Pembimas Buddha Sumatera Selatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, H. Panut, S.Pd, MM menerima rombongan Pembimas Buddha Propinsi Sumatra Selatan Wiswadas, S.Ag, M.Si di ruang Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang pada Jum’at, (09/09/2022).

Dalam audiensi tersebut Wiswadas menyampaikan perlunya menjalin dan memperkuat toleransi serta dukungan program nasional moderasi beragama. “Selain mengawal peribadatan, kami ingin memperluas jaringan program moderasi beragama untuk mempertahankan zero konflik di Sumatra Selatan,”kata Beliau.

Selain hal tersebut, Wiswadas juga berharap dukungan dalam pelaksanaan peribadatan diantaranya terkait perijinan pada kegiatan peribadatan Dharmayatra di Candi Borobudur. “Perijinan peribadatan dalam kesempatan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berharap untuk peribadatan selanjutnya bisa lebih mudah,” ungkap Wiswadas.

Pada bulan September ini berlangsung beberapa agenda kegiatan internasional di Candi Borobudur yaitu kegiatan Indonesia Bertutur dan G20 Culture Ministers Meeting yang mendatangkan banyak tamu dari negara-negara lain. “Adanya kegiatan bertaraf internasional menjadikan beberapa titik lokasi disterilisasi. Kita harus menghargai karena merupakan agenda internasional,” ungkap Panut.

Kegiatan Indonesia Bertutur dibuka untuk umum, sedangkan untuk agenda G20 Culture Ministers Meeting diselenggarakan secara terbatas. Indonesia Bertutur berlangsung pada tanggal 1-11 September 2022. G20 Culture Ministers Meeting diselenggarakan pada tanggal 11-14 September 2022.

“Kedepan perbanyak audiensi serta koordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten dan pihak yang terkait agar segala sesuatunya bisa terselenggara dengan lancar serta agenda kegiatan tidak berbenturan,” harap Panut.

“Kita berharap kegiatan peribadatan Dharmayatra rombongan Kabupaten Ogan Komering Ilir berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti,” tutup Panut. (FS/Sua)