PERPANI Jaring Atlet Panahan pada MTs N 1 Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Jumat, 16/09/2022 telah dilakukan kerjasama antara Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 1 Pekalongan dengan Persatuan Panahan (PERPANI) Kabupaten Pekalongan. Kerjasama dimaksudkan selain sebagai bagian dari program pengembangan minat bakat bidang olah raga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 1 Pekalongan juga sebagai upaya penjaringan atlet Panahan Kabupaten Pekalongan.

Langkah awal penjaringan melakukukan serangkaian kegiatan dasar yang menunjang olah raga panahan ini yaitu dilakukan The Multistage Fitness Test (MFT) atau tes kebugaran multi tahap. MFT Test sebagai test awal untuk mengetahui kebugaran dan daya tahan awal calon atlet. Pada MFT peserta didik melakukan kegiatan lari dengan jarak 20 meter di mana setiap level ada 8 kali bolak balik. Selanjutnya selain melaksanakan MFT Test peserta didik melaksakan pengukuran tinggi badan dan mengukur lebar telapak tanngan, serta menimbang berat berat badan.

Franky, Pelatih Perpani Kab. Pekalongan, menyampaikan dari hasil test awal terdapat 11 calon atlet yang terjaring dari 32 peserta seleksi. Rahma kelas 7 I level tertinggi 4.1.” Franky menambahkan Anak-anak hendaknya fokus pada salah satu cabang saja.

Agung Nugroho, S.Pd., guru olah raga MTs. N 1 menyampaiakan, “Panahan adalah olah raga yang sangat membutuhkan kekuatan, daya tahan, tinggi badan, lebar telapak tangan, sehingga test awal seperti ini sangat dibutuhkan”.

Selanjutnya Agung Nugroho menjelaskan dari hasil MFT ini masih terbuka peluang siswa lainnya untuk bisa terjaring setelah mengikuti MFT test dan kriteria lain yang dibutuhkan.

Latihan akan diadakan di MTs. N 1 Pekalongan yang masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler. Diharapkan dari MTs. N 1 Pekalongan muncul atlet panahan Kabupaten Pekalongan, bahkan sampai ke level nasional.(US,IY/MTb/bd)