Rawat Sejarah, Tugu Perjuangan Dibangun di Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Sebagai upaya untuk merawat sejarah perjuangan pahlawan Kota Pekalongan dan Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan melawan penjajah sebuah monumen tugu yang dinamai Tugu Perjuangan akan dibangun di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan tidak hanya sebagai monumen saja, Tugu Perjuangan ini akan dijadikan tempat edukasi dan wisata sejarah yang nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam memupuk rasa nasionalisme.

Sementara itu arsitek Tugu Perjuangan, Nurhadiman menjelaskan untuk siteplan tugu perjuangan itu akan memiliki bentangan sayap garuda sepanjang 50 meter sebelah kiri dan 50 meter sebelah kanan.

Ia menyebutkan Tugu Perjuangan itu juga dirancang sesuai hari proklamasi dimana tugu berdiri di atas 8*8 meter dan memiliki tinggi dari sayap garuda hingga pondasi setinggi 17 meter.

“Tugu perjuangan juga dilengkapi diorama, relief batu yang mengelilingi tugu, ada pula tank dan meriam dan didesain instgrammable sehingga bisa menjadi lokasi edukasi sejarah serta rekreasi,” jelas Nurhadiman.

Adapun dari rancangan, tugu inisiasi Habib Lutfi yang bakal dibangun dalam waktu 3-4 bulan itu akan menghabiskan anggaran mencapai Rp 1,55 miliar dimana pembangunannya akan dilakukan oleh Habib Lutfi. (Kharisma/Ant/bd)