Wapres Resmikan Masjid Baiturrahman Dan Gedung MUI Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah telah diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, Jumat (23/9).

Sebelumnya, Masjid Raya Baiturrahman yang berada di dekat Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang itu telah melakukan renovasi selama satu tahun yaitu pada bulan Agustus 2021 hingga Agustus 2022 dengan luas lahan 11.765 meter persegi, luas bangunan 13.750 meter persegi dan dan mengeluarkan dana sebanyak Rp. 92,58 miliar.

Peran masjid sebagai pilar pembangunan peradaban Islam tidak hanya sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Al-Qur’an saja, tetapi juga sebagai sarana dakwah, pendidikan serta kegiatan sosial. Melansir dari laman wapres.go.id, Ma’ruf Amin berharap Masjid Raya Baiturrahman Semarang dapat memberikan manfaat khususnya dalam membina masyarakat sekitarnya.

“Saya berharap setelah masjid ini dibangun, dimakmurkan tidak hanya tempat shalat tapi berbagai kegiatan keislaman, tempat pengkajian, tempat konsultasi, tempat perberdayaan, tempat pengembangan. Walhasil masjid ini harus menjadi pusat pembinaan masyarakat sekitarnya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum MUI Jateng selaku Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Masjid Raya Baiturrahman, Ahmad Darodji menyampaikan, masjid ini akan kembali menjadi ikon Jawa Tengah seperti dulu saat awal diresmikannya pada 1974.

“Untuk memakmurkan masjid ini insya Allah akan kami gelar berbagai kegiatan seperti Pelajaran Qiroah dan Tahfidz al-Qur’an, Studi Tafsir, Studi Hadits, Konsultasi Keluarga Sakinah, konsultasi dan pemeriksaan kesehatan ringan dengan menghadirkan dokter jaga bekerjasama dengan berbagai rumah sakit yang ada di Semarang. Dengan demikian masjid akan lebih semarak dan mendatangkan kemanfaatan dan keberkahan bagi jamaah dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Di akhir acara, Wapres didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, menandatangani prasasti dan pemukulan bedug sebagai tanda Peresmian Gedung MUI Jawa Tengah serta Peresmian Renovasi Bangunan Kawasan Pusaka Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, dan Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad dan pejabat lainnya. (D/rf)