290 Siswa Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 144H di SMP IT Harapan Bunda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Jumat (7/10/2022) SMP IT Harapan Bunda (SPANDA) Semarang menggelar pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan gelaran Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT), yang dilaksanakan di Masjid SPANDA.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa pada sekolah setempat, sejumlah kurang lebih 290 anak, dari kelas 7-9.

Siti Chotimah selaku Kepala SMP IT Harapan Bunda menyampaikan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dilaksanakan bersamaan dengan MABIT bertujuan untuk meningkatkan kecintaan peserta didik kepada Rasullullah SAW. “Melalui MABIT, kami lebih dapat mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa kepada Rasulullah SAW, memahami kisah dan perjuangan dakwah Beliau dalam mensyiarkan agama Islam, karena dalam MABIT ada serangkaian kegiatan yang diikuti oleh siswa, dan beberapa materi bisa kami sampaikan lebih banyak kepada anak-anak, karena kegiatan dilaksanakan dari siang tadi hingga besok pagi,” tuturnya di sela-sela pengajian peringatan Maulid Nabi.

“Siang ini selepas dhuhur kami awali kegiatan MABIT dengan literasi siroh Rasulullah SAW, yaitu siswa diberikan kesempatan untuk membaca kisah Rasulullah SAW, kemudian dilanjutkan dengan tilawah, dimana setiap siswa bertugas membaca 1 juz,” terangnya.

“Sore harinya, mereka mendapatkan materi pertama tentang silsilah dan nasab Rasulullah SAW, serta kisah lahirnya sang nabi akhir zaman, dilanjutkan dengan bersolawat bersama untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW,” ujarnya.

Ia menerangkan pula, selepas maghrib diadakanlah khotmil quran, dilanjutkan dengan penyampaian materi lanjutan, dan acara nonton bareng (nobar) film lahirnya Rasulullah SAW. Ia pun berharap, melalui kegiatan ini, peserta didik dapat meneladani perilaku Rasulullah SAW dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, anak-anak dapat meneladani perilaku Beliau, baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat,” pungkasnya.(Faojin/NBA/bd)