Lomba Hadroh Semarakkan Hari Santri Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Buka Lomba Hadroh tingkat Kabupaten dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal tekankan sportifitas dan jadikan momen hari santri sebagai penguat mewujudkan Kabupaten Kendal yang agamis, Kamis (20/10) di halaman rumah dinas Bupati.

“Lomba hadroh ini merupakan serangkaian kegiatan menyambut Hari Santri Nasional sebagai ajang kreatifitas santri yang diperlombakan untuk mencari juara terbaik agar nantinya bisa mewakili Kabupaten untuk tampil diajang yang lebih tinggi,” terang Mahrus.

Kakan Kemenag juga mengucapkan selamat berlomba bagi para peserta dan meminta agar siapapun yang keluar sebagai juara untuk tidak berpuas diri, terus mengasah potensi yang dimiliki, sedangkan yang belum menjadi juara tidak perlu berkecil hati tetap semangat dan terus berlatih.

“Kalah menang adalah bonus, yang terpenting tampilkan yang terbaik, tampil maksimal sebagai wakil dari ponpes masing masing,” imbuhnya.

Seni hadroh merupakan ciri khas santri atau kesenian yang identik dengan pondok pesantren. Lomba ini sebagai ajang silaturahmi antar santri serta mengasah bakat dan minat dibidang seni hadroh yang pada hakikatnya merupakan media atau sarana untuk syi’ar dan dakwah Islam. Sebuah strategi dakwah yang penuh kelembutan dan menjunjung kearifan lokal.

Acara yang disambut antusias para santri ini diikuti sebanyak 37 grup perwakilan pondok pesantren seKabupaten Kendal. Hal ini menggambarkan telah banyak komunitas yang menghimpun anak-anak muda untuk bershalawat bersama, dengan diiringi hadroh. Kemunculan hadroh dan komunitasnya menjadi harapan bahwa anak muda mau berkhusyu dalam kecintaan kepada agama dan Rasulullah, secara menyenangkan. (bel/bd)