MAPSI Kembali Usai Pandemi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Lomba MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami Kec Laweyan, dilaksanakan di SDN Kleco 1 dan diikuti sekitar 500 peserta dari sekolah dasar wilayah Kec Laweyan (05/10). Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kasi Manajemen dan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Priyono didampingi Kasi Pakis Kemenag Surakarta, Achmad Arifin. Dalam sambutannya, Priyono memotivasi peerta untuk dapat menampilkan yang terbaik. “Dengan MAPSI ini dapat menyelaraskan antara agama dan seni, karena dengan agama hidup jadi terarah dan dengan seni hidup menjadi indah,”tuturnya.

Senada, Achmad Arifin menyampaikan bahwa Lomba MAPSI bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa dan untuk meningkatkan kompetensi siswa. “Siswa diharapkan memeliki pengetahuan, perilaku dan tindakan yang sesuai dengan ilmu agama yang didapatkan di kelas. Kegiatan ini untuk menggali bakat dan minat siswa, sehingga siswa dapat menyalurkan bakat dan minatnya, tentunya yang bernuansa islami. Kegiatan ini akan dapat melihat prestasi siswa sesuai dengan bidangnya akademik maupun nonakademik,”jelasnya. Arifin juga berpesan pada guru pengajar pendidikan, bahwa kegiatan tersebut menjadi tugas dan fungsi untuk melakukan pelayanan, bimbingan dan pembinaan serta pengelolaan dalam bidang pendidikan agama islam.

Pengawas PAI Kemenag Kota Surakarta ikut andil dan menjadi juri dalam kegiatan tersebut, dalam kategori Khitobah Putra dan Putri. Pengawas PAI, Sumiyati merasa bangga dengan kemampuan para peserta lomba. “Meski masih menggunakan metode hafalan, saya yakin mereka memiliki kemampuan dan bias menjadi lebih bagus lagi,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa dengan dimulainya kembali kegiatan MAPSI setelah vacum akibat pandemic, diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa untuk menunjukkan eksistensinya sesuai kemampuan dan bakat masing-masing khususnya pada mata pelajaran PAI dan Seni Islami.

Loma MAPSI memiliki banyak cabang lomba, diantaranya ; Pengetahuan PAI dan BTQ, Lomba Ibadah Salat dan Wudhu, Lomba Azan dan Iqomah, Seni dan Kaligrafi, Khitobahm, Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Mocopat Islami, Seni Keterampilan Komputer, dan Seni Rebana. MAPSI Kec Pasarkliwon dan Kec Banjarsari telah terlaksana beberapa hari lalu, sedangkan untuk Kec Serengan, dan Kec. Jebres akan dijadualkan pecan ini. Para juara dalam tingkat kecamatan, nantinya akan berloma kembali di tingkat berikutnya yaitu MAPSI Tingkat Kota Surakarta, yang rencananya akan diagendakan pada 12 Oktober esok. (may/bd)