Eny Retno Yaqut Buka EXPO Pospenas IX

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas membuka Expo POSPENAS Tingkat Nasional Tahun 2022. (23/11)

Surakarta, Eny Retno Yaqut selaku Ketua DWP Kemenag RI membuka pameran stand expo dari berbagai Produk UMKM pada Event Pospenas IX (23/11)

Hadir dalam kesempatan tersebut Ibu Siti Atikoh Ganjar Pranowo dan Istri Walikota Solo Ibu Selvi Ananda, Ketua DWP Kemenag RI, Ketua DWP Kemenag Jateng, Ketua DWP Kantor Kemenag Kab/Kota Se Jawa Tengah dan tamu undangan lainnya sebagai rangkaian kegiatan POSPENAS IX Tahun 2022 di Parkir Stadion Sriwedari Surakarta.
Ketua DWP Kemenag Jepara Hj. Khotijah Habib turut hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Dekranasda Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo mengemukakan bahwa pameran ini sebagai upaya daya ungkit ekonomi masyarakat pasca dihantam pandemi Covid-19.

Dia berharap santri yang ada selain dibekali ilmuu-ilmu agama juga butuh memiliki jiwa enterpereuner. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan yang berkelanjutan dari awal sesuai dengan potensi masing-masing. Dengan begitu akan semakin tumbuh kemandirian dari santri di masing-masing ponpes.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas membuka Expo POSPENAS Tingkat Nasional Tahun 2022. Even nasional ini memiliki tema Santri Sehat, Cerdas, Mandiri, dan Toleran. Sedangkan subtemanya, yaitu Santri Bugar, Kreatif, Sportif, Berprestasi dan Cinta Damai serta Menjunjung Nilai-nilai Budaya Nusantara.

“Adanya bantuan inkubasi bisnis dari Kemenag, santri selain memiliki kapasitas bidang agama nantinya secara ekonomi bisa mandiri. Ketika disokong bareng-bareng. Sesuai dengan tema Pospenas kali ini. Gerak santri bangkit negeri,” katanya.

Eny Retno Yaqut menembahkan bahwa Kemandirian pesantren sudah menajdi salah satu program utama Kemenag. Program ini program stratesgi dan realistis. Pesantren memiliki SDM melimpah. Jumlah santri tercatat ada 4,4 juta tersebar di 37.626 ponpes seluruh Indonesia,.

Di sisi lain dalam ikhtiar kemandirian pesantren juga ada sinergitas dari dunia usaha dengan adanya pendampingan guna mempercepat ekositem usaha.

“Jargon Pospenas ini linier dengan kemandirian pesantren. Gerak santri bangkit negeri. Bergerak dan bertumbuh untuk menjadi insan lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Momen ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pospenas IX 2022 sebagai upaya Promosikan Produk Unggulan Santri dan Daerah. Pameran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX menjadi ajang dalam mengenalkan produk-produk santri.

Terdapat 45 stand UMKM dan kerajinan unggulan dari binaan Kemenag dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jateng dari beberapa kabupatan/kota. Acara tersebut digelar di area parkir Stadion Sriwedari Kota Solo berlangsung selama tiga hari mulai 23-25 November 2022 mulai pukul 08.00-21.00. (sn/bd)