Kasi PAI Resmi Dilantik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Di hari pertama bulan November 2022, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang melantik dan melakukan pengambilan sumpah jabatan pengawas (eselon IV) Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pada gelaran tersebut, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) dan Kasi Pendidikan Madrasah (Dikmad), bertindak sebagai saksi.

Kegiatan yang digelar di aula setempat, turut disaksikan oleh Kasi dan Penyelenggara, pengawas PAI, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) pengawas madrasah, Ketua Pokja Penyuluh, dan Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI).

Meskipun dilaksanakan secara sederhana, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Hal ini tak luput dari kegesitan para petugas dari Subbag TU dan panduan pembawa acara Nunuk Nugraheni, staf kepegawaian setempat.

Momen demi momen diabadikan dalam bidikan kamera oleh Analis Humas Protokol Kemenag Kota Semarang, Dintha Muhammad Kurnia. Sedangkan Fakhrudin Anwar sang Analis Jabatan, juga nampak gesit menata dan memposisikan pada saat pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

Tri Ginarni pegawai yang bertugas pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) juga nampak apik dalam memimpin tamu undangan dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pada bagian lain, Roni Kustanto staf kepegawain lainnya bertindak selaku pembaca Surat keputusan (SK).

Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sumari Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, yang dalam kegiatan tersebut juga bertindak selaku rohaniwan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kankemenag Kota Semarang mengimbau kepada Kasi PAI untuk cepat beradaptasi dan belajar, dan selalu berkoordinasi dengan stakeholder. “Selamat kami ucapkan kepada Bapak Imam Sucahyo yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatan. Dengan ditetapkannya panjenengan sebangai Kasi PAI, artinya panjenengan dinilai mampu memimpin di Seksi PAI. Panjenengan telah melewati asesmen, uji kompetensi sebagai pejabat struktural di lingkungan Kemenag. Oleh karenanya dengan jabatan baru, dan di tempat tugas yang baru, kami mohon segera menyesuaikan diri dan belajar lebih banyak lagi, agar tercipta inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan terkait tusi (tugas dan fungsi) Seksi PAI,” tutur Mukhlis Abdillah dalam pembinaanya.

“Lakukan juga koordinasi dengan yayasan-yayasan dan lembaga pendidikan di Kota Semarang, dimana disana terdapat siswa muslim yang menempuh pendidik di lembaga pendidikan tersebut. Pastikan mereka memperoleh haknya dalam pendidikan agama Islam,” tandasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau Kasi PAI agar ikut memberikan kontribusinya dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, serta membumikan penguatan moderasi beragama bagi peserta didik dari tingkat SD hingga SMA/K.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama, dan pemberian ucapan selamat kepada Kasi PAI yang baru saja dilantik.(Dintha/NBA/bd)