Urgensi Penilaian Pengawas Bagi Peningkatan Kualitas Mutu Pendidikan Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin membuka secara resmi dan memberikan arahan kepada seluruh Pengawas Madrasah yang mengikuti Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Tahun 2022, Senin, (19/11/2022) di Aula PHU Lantai 2 komplek Kantor Kementrian Agama kabupaten Brebes.

Hadir pula dalam kesempatan ini Tim penilai dari seksi Penmad Kankemenag Brebes,  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Imam Ghozali, Ketua Pokjawas Madrasah Kabupaten Brebes Somadillah  selaku Pengawas dipilih secara demokratis.

Membuka arahannya H. Fajarin berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, baik, menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, dan bisa ditindaklanjuti setelah kegiatan ini selesai. “Saya berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan hari ini dengan baik, dipelajari terlebih dahulu, dilengkapi, aplikasi terutama, dipelajari dan dibaca secara hati hati, detail, teliti jangan sampai ada aplikasi yang tidak terisi dan itu akan berdampak kepada penilaian kinerja bapak ibu semua, sehingga kualitas mutu pendidikan di kabupaten Brebes,” jelasnya.

“Disamping tes IT,  ada wawancara, baca tulis Al Qur’an kemudian pengujian moderasi beragama. Walaupun ini perdana saya sangat percaya, kalau saya lihat, amati, pengawas di Kota Bogor itu pengabdiannya luar biasa, dan kami sangat bangga, mengapresiasi kinerja bapak ibu semua,” terangnya.

Lebih lanjut, menurutnya pengawas terkadang keberadaanya kurang begitu diperhatikan, tetapi peranannya luar biasa. Kegiatan ini diharapkan pintu awal untuk lebih mengembangkan kompetensi para pengawas. Setelah kegiatan PKPM, Kepala Kantor ingin ada tindak lanjut yang terukur.

“Saya harapkan dari kegiatan hari ini bukan hanya bisa dilaksanakan sampai selesai tetapi ada follow up, ada tindak lanjut, setelah dilakukan penilaian, nanti para pengawas ini mau diapakan, mau dipensiunkan, mau dirotasikan apa dinaikan tunjangannya, yang jelas ini akan berbanding lurus dengan tugas fungsi bapak ibu sekalian,” tegasnya.

Tantangan Pengawas Madrasah adalah untuk mengembangkan lembaga pendidikan, meningkatkan kualitas, dan menjaga mutu pendidikan ini akan semakin terus berkembang tantangannya, untuk itu peranan pengawas juga bisa hadir langsung untuk membantu para kepala kepala madrasah, guru-guru dan sebagainya agar pendidikan di madrasah dapat meningkat.

Setelah PKPM, Kepala Kantor berpesan untuk dibuatkan formula kebijakan baru dan memotivasi para pengawas bisa lebih mengembangkankan lagi kompetensinya, sehingga peranan kepala madrasah dan guru ikut terbantu.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semuanya, selamat kepada peserta PKPM sewilayah Kabupaten Brebes yang akan melaksanakan penilaian pada hari ini dan mudah mudahan tidak ada kendala satu apapun, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar” pungkasnya.(hid/Sua).