MTsN 1 Boyolali Peringati Isra’ Mi’raj

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali– Salah satu peran Madrasah  dalam membimbing dan menciptakan siswa yang memiliki akhlak yang baik dan tentunya sesuai ajaran agama, salah satunya dengan menggelar pengajian bagi siswa. Pelaksanaan kegiatan pengajian di MTs Negeri 1 Boyolali  biasanya dilaksanakan pada saat peringatan hari besar keagamaan.

Salah satu kegiatan keaagamaan yang digelar salah satunya yaitu peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Oleh karena sebagian besar warga MTs Negeri 1 Boyolali  adalah muslim maka, peringatan Isra mi’raj ini dilaksanakan dan merupakan salah satu peringatan keagamaan bagi umat Islam.

Pelaksanaan Isra Mi’raj di MTs Negeri 1 Boyolali dilaksanakan pada Jum`at (17/02) Acara mulai pukul 07.30 wita sd 11.00 wib. Adapun rangkaian kegiatannya

  1. Sholat dhuha berjamaah doa, dzikir dan pembacaan Asmaul husna di halaman madrasah yang di pimpin oleh bapak Saproni,
  2. Perform pidato 2 bahasa oleh siswi kelas 7. Dibawah asuhan Miss. Naimatul Laela Qomariyah, S Pdi guru Bahasa inggris dan ibu Siti Muyasaroh  Guru Bahasa Indonesia
  3. Dan perfom rebana Qolbu Nada Siswa MTs Negeri 1 Boyolali Asuhan Bapak Muhammad Al hakim, S. Pd
  4. Di lanjutkan Kegiata inti pengajian Aleh ini dilaksanakan di aula MTs Negeri 1 Boyolali yang dihadiri oleh Pendidik dan Tenaga Pendidik serta tentunya para seluruh siswa kegiatan pengajian diisi oleh Bapak Ustd. .Lilik prihyanto, S.Pd.

Pelaksanaan Isra Mi’raj tahun 2023 (1444H) kali ini mengambil tema “Jadikan Sholat Sebagai Sarana Mewujudkan Sifat Disiplin, Jujur Dan Sabar Dlm Menuntut Ilmu.”.

Kepala Madrasah  MTs Negeri 1 Boyolali, Drs. H. Sardi, M,Si  dalam sambutannya berharap dengan daiadakannya kegiatan peringatan isra’ mi’raj, siswa siswi mampu menjadi karakter yang religius.

“Dengan semangat memperingatan Isra Mi’raj ini, mari kita sama-sama mewujudkan karakter anda, siswa yang religius, Pertama: Jujur, Kedua: Bertanggung jawab, Ketiga: Disiplin, sehingga nantinya akan tercipta regenerasi petani yang berkarakter dan religius”, ucapnya.

Peringatan Isra Mi’raj ini Kepala Madrasah  sangat mengharapkan nilai-nilai diatas tersebut menjadi karakter siswa MTs Negeri 1 Boyolali . Sebab, Madrasah  wajib menerapkan nilai-nilai tersebut untuk membimbing dan membentuk siswa menjadi lebih baik.

Ustad Lilik prihyanto, S.Pd  sebagai pengisi pengajian ini menyampaikan tentang kisah isra’ mi’raj.

“Isra Miraj menjadi salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram, Mekah ke Masjidil Aqsa Palestina dan kemudian menuju ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh pada malam hari, puncak dari Isra Miraj adalah Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu.”, Ucapnya.

Perlu diketahui Isra Mi’raj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad S.A.W dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Ketua Panitia H. Agus Rifai Rahmat, menyampaikan Apresiasi atas antusias warga MTsN 1 Boyolali dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. (Aj/Jaim/rf)