Praktik Kurikulum Merdeka, MTs N Batang Gelar Market Day

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Batang – Dalam rangka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka, MTs Negeri Batang menggelar Market Day pada Kamis (2/2) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 karena sudah menggunakan Kurikulum Merdeka.

Penanggung jawab kegiatan, Anjar Setianingsih, menuturkan bahwa kegiatan Market Day merupakan puncak dari rangkaian kegiatan projek yang sudah dimulai sejak Senin (30/1).

“ P5 kali ini mengusung tema Kewirausahaan. Selama rentang waktu yang telah ditentukan, siswa kelas 7 telah diberikan teori seputar kewirausahaan, mulai dari merancang usaha, membuat proposal, hingga menghitung harga produksi dan laba bersih,” kata Anjar Setianingsih.

Dia menegaskan bahwa wujud dari market day ini peserta didik diajak untuk berpikir dan juga mempraktikan wirausaha apa yang saat ini dapat diminati oleh masyarakat kususnya bagi anak seumurannya.

“Maksud pemilihan tema kewirausahaan makanan dan minuman kekinian, karena pada saat sekarang ini banyak bisnis kuliner yang berkembang dan banyak konsumen yang menyukai makanan dan minuman kekinian dengan tetap memperhatikan nilai gizinya,” tutur Anjar.

Sebagai acara puncak, masing-masing kelas menyiapkan stan makanan dan minuman untuk tempat jual beli. Berdasarkan kreativitas kelas masing-masing, siswa mulai menghias dengan aneka pernak-pernik, seperti tirai, balon, kain warna-warni, dan lain-lain. Hal tersebut menambah kesan semarak kegiatan Market Day.

“Masing-masing kelas mendapatkan dua jatah stan, yakni di dalam ruangan dan di luar ruangan. Di dalam ruangan ditujukan untuk bapak dan ibu guru serta siswa kelas 7, sedangkan stan luar ruangan untuk siswa kelas 8 dan 9,” terangnya.

Makanan dan minuman yang dijual berkisar di harga Rp.3000 hingga Rp.5000. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa MTs Negeri Batang bisa mendapatkan pengalaman berharga seputar berwirausaha. Selain itu, siswa-siswi juga bisa menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif, dan mampu bersaing di bidang ekonomi. Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Kepala MTs Negeri Batang, Wasimin.

“Berbeda dengan kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan, kegiatan P5 ini diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi peserta didik, khususnya dalam berwirausaha, sesuai dengan tema P5 kali ini. Peserta didik dapat bergembira dalam belajar sekaligus mendapatkan pengalaman yang berharga,” kata Wasimin.

Kegiatan Market Day dimeriahkan oleh penampilan dari siswa-siswi berupa solo vokal, duet vokal, dan tarian Profil Pelajar Pancasila. Siswa-siswi mengaku senang dalam mengikuti kegiatan tersebut karena bisa mengeksplor kreativitas dan kemampuan mereka dalam berwirausaha. (fakhrun Nisa/Istianah/Zy_humas/rf)