UPZ Gelar Rakor Evaluasi Tahun 2022 dan Penyusunan Program Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kan. Kemenag Kab. Boyolali menggelar rapat evaluasi tahun 2022 sekaligus Menyusun program kerja tahun 2023 pada Kamis (02/02) di Rumah rumah makan Kedhaton, Boyolali.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua UPZ, Teguh Purnomo, penyaluran zakat tahun 2022 meliputi bantuan sembako untuk fakir miskin, bantuan usaha kecil bagi para disabilitas, bantuan usaha kecil bagi para janda, bantuan usaha kecil bagi marbot masjid, bantuan dana bagi siswa/I miskin berprestasi serta bantuan bencana kebakaran rumah warga miskin.

“Seluruh program kerja UPZ tahun 2022 telah terlaksana sesuai dengan perencanaan, dan alhamdulillah seluruh dana UPZ tahun 2022 telah selesai diaudit oleh Baznas dengan hasil yang baik, yaitu tanpa catatan,” lapor Teguh

Sementara itu, Kepala Kan. Kemenag Kab. Boyolali, H. Hanif Hanani, dalam sambutannya mengatakan seluruh kegiatan dalam program kerja UPZ Kan. Kemenag kab. Boyolali telah kita salurkan kepada para asnaf yang berhak menerimanya dan tidak ada unsur politik sama sekali, kita salurkan kepada yang berhak menerima dan dinilai sangat membutuhkan. UPZ, lanjut Hanif, adalah Lembaga Amil Zakat yang memiliki tujuan mengentaskan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Itu yang menjadi dasar kerja UPZ Kan. Kemenag Kab. Boyolali

“UPZ adalah Lembaga yang memiliki tujuan mengentaskan kemislkinan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, untuk itu UPZ Kan. Kemenag Boyolali akan terus meningkatkan kinerja agar tujuan tersebut bisa kita raih,” kata Hanif.

Wajib kita syukuri, kerja UPZ tahun 2022 telah dilakukan audit oleh BAZNAS dengan hasil baik, tanpa catatan. Kepada seluruh pengurus, saya minta untuk terus bekerja dengan tertib, terutama tertib administrasi dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana UPZ. Lanjut hanif.

“hasil audit program kegiatan dan anggaran UPZ 2022 memperoleh hasil yang memuaskan, yakni diterima tanpa catatan. Saya minta kepada seluruh pengurus, untuk terus mempertahankan capaian di tahun 2022 serta meningkatkan kinerjanya di tahun 2023, dengan lebih mengedepankan pada program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Pesan hanif.

Selanjutnya, rapat koordinasi dan penyusunan program kerja tahun 2023 UPZ Kan. Kemenag Kab. Boyolali dipimpin oleh Ketua UPZ, Teguh Purnomo, dan didampingin sekretaris UPZ, H. Muh. Rosyid. Selain Menyusun program kerja, kegiatan ini juga membahas strategi percepatan implementasi program kerja dan anggaran tahun 2023 UPZ, setelah rencana kerja tersebut disetujui oleh Baznas kab. Boyolali (ZN/Jaim/rf)