Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Hadiri HUT MAN 1 Karanganyar Ke – 45

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Minggu, 12 maret 2023 MAN 1 Karanganyar memperingati milad yang ke 45,  diantaranya mengadakan  kegiatan senam sehat, sarasehan serta lomba DWP dan pemeriksaan kesehatan.  Acara ini dihadiri bapak Kakanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad,M.Ag beserta ibu ,turu hadir  Ibu Kepala kemenag Kabupaten Karanganyar selaku ketua DWP , serta seluruh guru-guru dan Civitas  MAN 1 Karanganyar.

Acara pertama dalam kegiatan hari ini adalah Senam Sehat Ceria. Senam ini dilaksanakan di halaman MAN 1 Karanganyar dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan yang berpartisipasi dalam kegiatan hari ini. Wajah gembira pun dipancarkan oleh bapak ibu guru sembari mengikuti gerakan senam yang dipimpin instruktur senam.

Acara berikutnya, yaitu Penilaian Penyajian Olahan, olahan yang dimaksud disini merupakan olahan berbahan dasar ubi yang kemudian dibuat sesuai kreativitas para ibu -ibu dharma wanita . Ada 10 kelompok yang berkompetisi . Macam -macam olahan diantaranya pudding dari ketela, dan aneka cemilan lainnya. Bajet atau Batasan biaya masak per kelompok maksimal Rp. 150.000,-.Dalam acara ini diambil 3 kejuaraan . Juara 1 diraih oleh kelompok 3 yang dipelopori Dra. Siti Rokhimah, Juara 2 kelompok 10, yang diketuai Ibu Ngatini Triyono, selanjutnya juara 3 kelompok 7, ketua ibu Agus Sutikto.

Dilanjutkan acara sarasehan, rangkaian kegiatannya yaitu dari potong tumpeng serta pembinaan dari bapak Kakaknwil.

“Selamat atas prestasi yang telah ditorehkan oleh MAN 1 Karanganyar baik itu oleh siswanya maupun gurunnya oleh kepala madrasahnya maupun secara kelembagaan. Dibalik kesuksesan itu Majeng yang menjadi tagline kita yang menjadi semboyan kita se-Jawa Tengah itu moderat, akuntabel, mengayomi,” ungkap Musta’in Ahmad.

Lebih lanjut, Kakanwil mengatakan Kenapa harus melakukan reformasi birokrasi, kenapa harus membangun zona integritas menuju WBK dan nanti kemudian di WBBM itu bagian kata Pemerintah atau negara harus bisa bertanding siap untuk dipantulkan disandingkan dan dibandingkan dengan institusi lainnya.

“Persoalan kebangsaan kita adalah masih tertinggal dibanding dengan negara-negara lain, walapun kemerdekaannya lama negara kita. Karena itu MenPanRB membentuk Reformasi Birokrasi dalam upaya pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Musta’in menjelaskan, bahwa abdi negara dan abdi masyarakat adalah pemerintah atau alatnya negara dalam mewujudkan tujuan Negara.

“Karena Pemerintah itu alatnya negara maka aparatur Pemerintah sebagai alat negara maka harus setia dan loyal kepada negara. Karena ASN sendiri bagian dari penyangga negara. Dan ASN diposisi itu dengan berintegritas, bersikap satria di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Dengan cara berpikir, cara bekerja, cara memberikan pelayanan kepada masyarakat itu,“ lanjutnya.

Kemudian acara yang terakhir yaitu cek kesehatan gratis oleh tim rumah sehat Baznas yang dipimpin oleh Dr. Joko suami dari ibu Dra. Umi Rusdiyati. Adapun Teknik cek kesehatan ini  diawali dari konsultasi terhadap Dr. Joko mengenai keluhan-keluhan yang dirasakan.Jika tidak ada keluhan yang tidak fatal maka tidak perlu cek darah, tensi, dll. Namun jika keluhan sudah diluar batas normal maka sebaiknya cek menyeluruh. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kalau tidak cek kesehatan sekarang, kapan lagi.

Rangakaian acara pada hari ini berjalan dengan asyik, sarasehan pun berjalan lancar. Tawa gembira dan seruan euforia membuat hangat suasana. Semoga acara hari ini dapat membangun silaturahmi dan menjadikan MAN 1 Karanganyar hebat bermartabat.(ida/sua)