MTs Negeri 4 Demak Menyelenggarakan Pagelaran Seni Teater AKSIKUM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – MTs Negeri 4 Demak menyelenggarakan pagelaran teater Ajang Kreasi Seni Peserta Didik Kurikulum Merdeka (AKSIKUM) di halaman madrasah, Kamis (02/03). Kegiatan ini merupakan implementasi kurikulum merdeka Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Ekspresikan Diri Membangun Karakter diri”.

Teater yang ditunjukkan para siswa kelas 7 ini, menampilkan cerita-cerita menarik yang diangkat dari legenda-legenda yang sudah familiar di Indonesia. Harapannya para siswa mencintai budaya Indonesia dengan segala kearifan lokalnya. Cerita tersebut diantaranya seperti Bujang Katak, Jaka Tarub, Bawang Merah dan Bawang Putih, Malin Kundang, Ande-ande Lumut, Timun Mas, Candi Prambanan dan Keong Mas. Pagelaran tersebut dikreasikan sesuai kemampuan anak dengan tujuan melatih anak untuk  berkreasi.

Berbagai macam persiapan dilakukan secara maksimal mulai dari make up, perlengkapan dan busana. Semua dilakukan oleh para siswa untuk melatih kemandirian. Perlengkapan pentas menggunakan barang-barang yang ada di sekitar siswa bahkan menggunakan barang bekas. Kemadirian siswa benar-benar dituntut pada kegiatan pertunjukan ini.

H. Ali Murtandlo, selaku Kepala Madrasah berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi para siswa lainnya dan juga sekolah yang ada disekitar untuk mencintai budaya dan kearifan local masyarakat Indonesia, khsusunya Jawa. Kegiatan ini tentu banyak manfaatnya yaitu mampu melatih dan mengarahkan siswa tentang kedisiplinan, kecerdasan dan mental yang tangguh.

Ia juga memberikan apresiasi atas penampilan siswa-siswinya, “Saya sangat senang dan mengapresiasi atas keberhasilan  para siswa kelas 7 ini dan juga para guru yang sudah mendukung., terutama Bapak David Mauliniam selaku pembimbing yang telah membimbing dengan sabar dan tekun sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,”

Membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk menyiapkan pagelaran teater ini. Beberapa kendala masih ditemui akan tetapi tidak menyurutkan semangat siswa untuk terus berlatih agar mampu menampilkan penampilan yang terbaik. “Harapannya siswa kelas 7  MTs Negeri 4 Demak pada Kurikulum Merdeka ini mampu terjun langsung di segala event baik di lingkungan sekolah atau tempat tinngalnya,” ujar Mr. David selaku pembimbing.

Sementara itu para siswa juga sangat antusias mengkuti pertunjukan ini. Meskipun masih malu-malu seperti yang diungkapkan oleh Aida siswa kelas 7C. “Saya senang dengan pertunjukan ini, tapi saya masih sedikit malu. Soalnya ini pengalaman pertama saya tampil di depan orang banyak,”ujar Aida yang berperan sebagai simbok di pertunjukan Timun Mas.(msr/rf)