Bimbingan oleh PPAI Kecamatan Tembalang di MI Addaenuriyah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pembinaan Pengawas Pendidikan

Kota Semarang-Segenap guru di lingkungan MI Addaenuriyah kedatangan tamu PPAI Kecamatan Tembalang, Drs. Amhal Kaefahmi, SH.,M.Hum.,M.Pd. dalam rangka kunjungan di daerah binaan dan diskusi seputar kegiatan pembelajaran.

Dalam bimbingan yang disampaikan, amhal kaefahmi menyampaikan bahwa pembelajaran hendaknya terarah dan terencana dengan membuat rencana pembelajaran. Pembelajaran yang menstimulasi siswa untuk tertarik dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi abad ke-21.

Peran tenaga pendidik dalam memaksimalkan media yang ada di lingkungan sekitar sesuai dengan materi pembelajaran yang hendak disampaikan sangat menarik untuk diikuti oleh peserta didik, media pembelajaran yang kontekstual tentu akan sangat berkesan karena memberi pengalaman belajar secara langsung.

Diantara metode/ pendekatan dalam pembelajaran pendidik diharapkan menggunakan pendekatan LOKR, yaitu Literasi dengan mengarahkan peserta didik untuk mengamati, membaca dan membuat catatan atas pengamatannya terhadap obyek stimulus yang ditampilkan, baik berupa poster, infografis, video maupun media kongkrit.

Pendekatan selanjutnya adalah Orientasi, dengan pendidik memberi penguatan dari jawaban peserta didik atas pertanyaan literasi, dan kolaborasi, yaitu dengan mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan kemudian masing-masing saling menanggapi atas pernyataan dari teman atau kelompok lain. Dan yang terakhir adalah refleksi, yaitu dengan menanyakan kepada siswa mengenai pembelajaran yang baru saja dilakasanakan, mengenai apa yang perlu ditingkatkan dan mana yang perlu diperbaiki.

Penyampaian informasi kegiatan peserta didik di madrasah akan sangat membahagiakan wali peserta didik, dengan memanfaatkan media sosial yang hampir di miliki semua wali peserta didik, selain sebagai sarana komunikasi dua arah juga sebagai bentuk laporan kegiatan peserta didik selama di madrasah.

“bimbingan yang berkesan dan perlu untuk ditindaklanjuti dengan mempraktikkan apa yang telah disampaikan dalam kegiatan bimbingan tadi” kata Kholid Adham, kepala MI Addaenuriyah kepada para pendidik selepas kegiatan bimbingan oleh PPAI Kecamatan Tembalang. (Adam/Sukirman/bd)