MI Nurul Islam Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) merupakan telah menjadi rutinitas tahunan baik di pesantren, majelis taklim, organisasi masyarakat (ormas), instansi, maupun lembaga pendidikan agama maupun lembaga-lembaga lainnya.

Pagi ini, Sabtu (22/10/2022) MI  Nurul Islam Ngaliyan Semarang menggelar Upacara Peringatan HSN 2022. Seluruh siswa dan guru laki-laki mengenangkan baju putih dan bersarung,  begitu juga para siswi dan guru perempuan menggunakan gamis/busana muslimah bernuansa putih, sungguh suasana yang sangat menyejukkan.

Tepat pukul 07.00 WIB upacara dilaksanakan di halaman madrasah. Sejumlah 650 peserta didik dan 40 guru, mengikuti upacara tersebut dengan khidmat. Adapun selaku petugas upacara adalah mahasiswa UIN Walisongo yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MI Nurul Islam.

H. Agus Haryadi selaku pembina upacara, dalam amanatnya mengajak peserta upacara untuk memekikkan semangat jiwa santri Indonesia.

“Siapa kita?” pekik H.  Agus Haryadi, yang dijawab secara kompak oleh peserta upacara, dengan slogan yang telah mereka sepakati. “Santri Nuris!”, jawab peserta upacara.

“Siap, Amankan, Negara, Tercinta, Republik, Indonesia,” lanjut mereka.

“NKRI harga mati, Pancasila jaya, Masjid makmur, Takbir Allahu Akbar,” ucap seluruh upacara serentak.

Satu hal yang ditandaskan dalam amanatnya, ia mengimbau kepada siswa, guru, dan santri MI Nurul Islam untuk meneruskan perjuangan para ulama. “Ulama, kiai, mujahid-mujahadah sudah menghantarkan Indonesia merdeka, untuk itu marilah kita isi kemerdekaan yang telah diraih dengan susah payah dan penuh pengorbanan itu dengan belajar yang giat,” tandasnya.

Di tempat yang berbeda, Kepala MI Nurul Islam, Jumaidi menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022, telah disusun serangkaian agenda kegiatan, diawali dengan upacara, dilanjutkan dengan beberapa perlombaan ala santri seperti, estafet lari sarung dan voli sarung. Selain itu, dalam rangka memperingati HSN 2022, diadakan pula kegiatan parenting yang diperuntukkan bagi wali siswa. “Alhamdulillah semua acara dapat berjalan dengan lancar, karena masing-masing ada PIC dan Koordinator Pelaksana. Semoga momentum Hari Santri menjadikan ghirah bagi peserta didik untuk mengimplementasikan karakter santri dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(Agus Haryadi/NBA/bd)