Tips Jaga Harmonisasi Keluarga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Ketua DWP Kankemenag Kota Semarang bersama perwakilan pengurus dan anggota, mendengarkan dengan seksama materi yang disampaikan oleh pakar seksolog dr.Boyke Dian Nugraha dalam kegiatan seminar kesehatan bertajuk menyampaikan materi Problematika Seksualitas Pasutri dan Kiat Menjaga Keharmonisan Keluarga, melalui zomm meeting dari ruang rapat Kankemenag Kota Semarang, Selasa (9/5/2023).

Dalam kesempatan itu, dr. Boyke turut mengapresiasi kegiatan seminar kesehatan yang diinisiasi oleh DWP Kemenag RI. Menurutnya, hal ini dapat memberikan pengetahuan yang menjadi salah satu bentuk penghargaan perempuan terhadap dirinya sendiri. “Penting bagi kita untuk dapat menghargai diri sendiri. Salah satunya ya dengan memantaskan diri, dengan pengetahuan maupun penampilan,” papar dr. Boyke.

Penghargaan terhadap diri sendiri, menurutnya menjadi awal dari keharmonisan keluarga. “Cintai diri sendiri sebelum kita mencintai orang lain. Pantaskan diri kita, rawat diri kita. Saya begitu, contohnya saya memilih apa pakaian yang saya pakai, tas yang saya bawa, dan sebagainya. Ini bentuk kita menghargai diri kita sendiri. Dan ini penting untuk menjaga keharmonisan keluarga nantinya,” pesan dr. Boyke.

Menurutnya pula, pentingnya menjaga keseimbangan dunia dan akhirat, serta kesehatan fisik dan psikis. “Kebahagiaan adalah tujuan hidup. Harus seimbang antara dunia dan akhirat, kesehatan fisik dan psikis. Tubuh adalah masjid kita, sehingga harus kita jaga kebersihannya, karena dalam tubuh kita ada ruh yang harus dijaga,” ujarnya.

Pakar seksolog itu mengatakan, ada 8 rahasia kunci keharmonisan keluarga yaitu, komunikasi, kecocokan sifat, pemecahan konflik, seks, sikap religious, pemanfaatan waktu luang, keuangan, dan anak-anak serta sanak saudara.

Ia pun berpesan agar dalam membangun biduk rumah tangga, selalu menanamkan 3S, syukur, sabar, dan simpel.(Nanik/NBA/bd)