Pelantikan Pengurus BADKO 2023-2028, Bupati Harapkan Kenaikan IPM 

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Pj. Bupati Kabupaten Brebes, H. Urip Syihabuddin menghadiri Pelantikan Pengurus Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Quran (BADKO) LPQ kecamatan se-Kabupaten Brebes Periode 2023 – 2028, di Pendopo Brebes, Rabu, (12/07/2023). Urip Syihabudin menyampaikan, pendidikan di bidang keagamaan menjadi pondasi untuk anak-anak/santri di masa yang akan datang, sejalan dengan hal tersebut, Badko LPQ berperan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan atau pengajaran yang diberikan kepada santri.

“Salah satu misi dan pengajaran LPQ adalah untuk mencetak dan menyiapkan generasi bangsa yang Qurani agar menjadi pribadi yang kokoh berakidah, taat dan rajin beribadah, berbudi luhur serta cinta tanah air dan bangsa,” ungkap Urip Syihabudin.

Beliau menjelaskan, Badko LPQ di Kabupaten Brebes mempunyai tugas dan fungsi membina, mendorong dan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan Al-Quran, diantaranya lembaga Paud Al Quran, lembaga Taman Pendidikan Al Quran (TPQ), lembaga Rumah Tahfidz Al Quran (RTQ) dan lembaga Taklimul Quran lil Aulad (TQA) yang ada di Kabupaten Brebes semakin maju dan berkembang.

Ia berharap kepada pengurus BADKO LPQ yang dikukuhkan agar bisa menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh disertai dengan keikhlasan hati dan membawa perkembangan LPQ di Kabupaten Brebes semakin pesat, semakin berkualitas dan kemampuannya dalam mendidik generasi muda menuju Akhlak Qurani pun semakin baik.

Sementara, Ketua BADKO LPQ Kabupaten Brebes, Miftahudin menyampaikan tujuan dikukuhkannya pengurus dan dilaksankannya Rapat Kerja Badko LPQ Kab Brebes sebagai kelengkapan rukun organisasi. Adapun Pengukuhan pengurus Badko LPQ oleh Ketua Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Syihabbudin, M.M, yang berasal dari pengurus Badko 17 kecamatan dan pengurus Badko Kabupaten Brebes sebanyak 120 orang. Peserta pengukuhan pengurus Badko LPQ disaksikan para tamu undangan, ormas keagamaan dan undangan lainya.

“Kami berharap pengurus BADKO LPQ  mampu mendukung dan merealisasikan visi-misi pembangunan Kabupaten Brebes khususnya dalam bidang pendidikan Al Quran keagamaan pada usia dini dan unggul dalam prestasi oleh para santri LPQ pada event FASI di tingkat provinsi Jawa Tengah hingga Nasional tahun-tahun mendatang sehingga dapat mengangkat IPM kabupaten Brebes,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi PAIS H. Nasokhidin mengharapakan, “Mari bersama bangun SDM  Brebes. SDM guru juga penting, jadi inovasi-inovasi guru juga perlu ditingkatkan agar minat anak untuk belajar mengaji atau membaca alquran ini bisa meningkat,” katanya  dalam sambutanya.

“Tolong kita imbangi, SDM guru harus punya inovasi, metode pembelajaran gimana harus bisa merayu anak anak kita untuk mau membaca alquran,” tambahnya.

“Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini bisa membawa perubahan untuk LPQ Brebes dan kedepan bisa terus berinovasi dalam metode pembelajaran serta terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten Brebes,” pungkas Nasokhidin.

Pihaknya juga meminta pengurus LPQ ini bisa menaati aturan yang ada, baik dalam pendirian lembaga keagamaan maupun lainnya. Keberadaan LPQ  memberikan warna baru bagi Brebes, Kementrian Agama juga serta masyarakat, tak hanya itu untuk pengurus baru ini bisa segera menyusun program, sehingga bisa bersinergi untuk mensukseskan program pemda Brebes.(hid/Sua)