Kasi Dikmad Sampaikan Laporan sebagai Petugas Haji Kota Semarang Tahun 1444 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Selama kurang lebih 40 hari, petugas haji Kota Semarang telah melaksanakan tugasnya melayani tamu-tamu Allah, dari mulai keberangkatannya dari tanah air, pelaksanaan ibadah baik di Makkah maupun Madinah, serta pada saat puncak ibadah haji di Arofah, Muzdalifah, dan Mina, hingga kembali ke tanah air.

Moch. Fatkhuronji, Kasi Dikmad Kankemenag Kota Semarang, selaku salah satu petugas haji Kota Semarang tahun 1444 H/2023 M, berucap syukur dan menyampaikan apresiasi kepada ASN setempat, atas doa dan dukungannya, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar. Hal ini disampaikannya dalam kegiatan apel pagi yang dilaksanakan di halaman kantor, Senin (24/7/2023).

“Mewakili 10 petugas haji dari Kankemenag Kota Semarang dan 1 PPIH Arab Saudi yang saat ini belum kembali ke tanah air, kami sampaikan, pelaksanaan ibadah haji tahun 1444 H berjalan dengan baik, terlaksana dengan baik, dan alhamdulillah semua petugas telah melaksanakan tupoksinya masing-masing dengan penuh tanggungjawab, baik Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, dan juga Petugas Kesehatan. Jika masih ada kurang sempurna adalah manusiawi, tetapi secara garis besar, petugas haji telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dan pelaksanaan ibadah haji pun berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Kami semua bekerja sesuai dengan SOP PPIH,” imbuhnya.

“Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kankemenag Kota Semarang, karena atas doa dan dukungan panjenengan semua, kami dapat melaksanakan tugas dengan lancar,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan haji tahun ini luar biasa, karena mayoritas jemaah haji berusia lansia. “Haji tahun ini luar biasa, mayoritas lansia dan sebagian besar risti (risiko tinggi), sehingga dibutuhkan kesiapan fisik dan mental petugas yang luar biasa,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan permohonan doa dari keluarga besar Kankemenag Kota Semarang atas meninggalnya 5 jemaah haji Kota Semarang. “Mari kita doakan agar jemaah haji Kota Semarang yang wafat di tanah suci husnul khotimah, begitu pula kita, semoga juga diakhirkan dalam keadaan husnul khotimah. Amin,” katanya.

Pada bagian lain, Moch, Fatkhuronji menyampaikan informasi pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Prov. Jateng yang akan dilaksanakan pada 5-6 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu pula, ia mengimbau peran serta aktif pengawas madrasah dalam mengawal pendidikan yang berkualitas.(NBA/bd)