Siswa MAN 1 Kota Semarang Raih Penghargaan dari BRIN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Siswa MAN 1 Kota Semarang meraih kemenangan gemilang dalam ajang Kompetisi Kreasi dan Inovasi (KRESNA) yang diselenggarakan oleh Nanotech Development bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Siswi kelas XI MIPA 1 yakni Citra Adinda Maharani dan Sayla Maliatul Marzuqoh berhasil meraih medali perunggu dengan karya tulis berjudul MENTRI (Semen Antibakteri) dari Bottom Ash Termodifikasi Nanopartikel Perak.

Serangkaian kegiatan dalam KRESNA 2023 dilaksanakan secara daring yang terdiri dari 4 tahap yakni seleksi proposal tingkat kota/kabupaten, seleksi video presentasi proposal tingkat provinsi dan seleksi babak final yakni presentasi laporan penelitian tingkat nasional. Proses tersebut berlangsung dari Desember 2022 hingga Juli 2023.

Tahap pembuatan proposal hingga laporan penelitian, mereka lakukan di Laboratorium FMIPA UNNES, begitu pun dalam proses pembuatan video tingkat provinsi, juga dilakukan di Laboratorium FMIPA UNNES dengan dibantu Hamdani Alfat dan Naufal Dzakidzaidan siswa XII IBB, serta Ellian Chesta Adabi siswa XII MIPA 2, sebagai kameramen dan editor.

“Tahap terakhir yakni babak final dilaksanakan pada Kamis, 6 Juli 2023 dan hasilnya diumumkan pada 12 Juli 2023 melalui zoom dan diunggah di akun instagram,” terang Citra, ketika ditemui di MAN 1 Kota Semarang, Selasa (8/1/2023).

Citra dan Sayla mengungkapkan, sangat bersyukur berkesempatan menjalani proses yang panjang ini demi mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga. Keduanya mengatakan, kemenangan tersebut tak lain berkat rahmat Allah SWT serta dukungan orang tua dan seluruh guru MAN 1 Kota Semarang, khususnya pembimbing riset yakni Bapak Nuryanto dan Ibu Ellya Nur Chasanah.

Mereka berharap, di masa yang akan datang, prestasi siswa-siswi MAN 1 Kota Semarang semakin meningkat, dan inovasi yang telah dibuat dapat diaplikasikan secara nyata.

Di tempat yang berbeda, Tasimin selaku Kepala MAN 1 Kota Semarang mengungkapkan, merasa bangga dan memberikan apresiasi atas raihan prestasi kedua peserta didiknya tersebut.

“Terimakasih kepada Ananda Citra dan Sayla yang telah meraih medali perunggu dalam ajang KRESNA 2023 ini. Semoga kedepannya semakin sukses. Madrasah kita ini memilki klub riset, tularkan ilmu dan pengalaman ini pada mereka sehingga tim riset kita semakin banyak memperoleh kejuaraan,” tuturnya.(Melani/Arya/NBA/bd)