Pemeriksaan Mata di Ponpes Nurul Anwar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (10/8/2023), Tantowi Jauhari selaku Kasi PD. Pontren Kankemenag Kota Semarang bersama jajarannya, mendampingi Tim Dinas Kesehatan Prov. Jateng untuk melakukan pemeriksaan mata kepada santri di Ponpes Nurul Anwar Kecamatan Ngaliyan.

Dalam sambutannya, Tantowi menuturkan, kegiatan ini dalam rangka deteksi dini gangguan penglihatan pada anak. “Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting, karena merupakan jendela dunia. Jika terdapat gangguan dalam penglihatan, tentu akan menghambat santri dalam belajar,” tuturnya.

“Untuk itu, kami menyambut baik program dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yakni, Penguatan Jejaring Kesehatan Indera, Kolaborasi Si Jala Indera dan Si Mata Jeli, yang mana salah satu sasarannya adalah santri pondok pesantren yang ada di Kota Semarang,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Tantowi mengingatkan kepada para santri akan pentingnya menjaga kesehatan. “Menjaga kesehatan merupakan bagian dari bentuk wujud rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Sebelum melakukan pemeriksaan, nanti Tim dari Dinkes akan menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan mata, dan gangguan-gangguan seperti apa yang perlu kita waspadai,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Tantowi berharap, program kegiatan ini bisa terus berkesinambungan. “Kami berharap, Kolaborasi Si Jala Indera dan Si Mata Jeli bisa terus berkelanjutan,” pungkasnya.(Reni/NBA/bd)